Jumat , 21 Januari 2022
Home / Berita / Safari Ramadhan 1438 H Bersama Bupati Cirebon: Dari Kejuden menuju Kecomberan (Bagian Keempat)

Safari Ramadhan 1438 H Bersama Bupati Cirebon: Dari Kejuden menuju Kecomberan (Bagian Keempat)

Humas Setda  –  Desa Kejuden Kecamatan Depok menjadi lokasi dilaksanakannya Safari Romadhan putaran keempat. Bupati Cirebon yang didampingi Istri Hj. Ayu Tjiptaningsih Sunjaya, beserta rombongan yang terdiri unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, para Kepala SKPD,  para camat, kembali melaksanakan buka puasa dan taraweh bersama dalam rangka Safari Ramadhan (selasa, 13/06/17). Bupati dam rombongam tiba di lokasi sekitar  Pukul 17.30 Wib. Kedatangan rombongam disambut oleh Camat dan Muspika Depok, para kuwu, serta ratusan masyarakat Kejuden yang sudah menanti. Bupati dan Ibu Hj. Ayu langsung memberikan bantuan kepada para anak yatim, dhuafa dan jompo. Waktu sudah mendekati Magrib dan acarapun langsung diisi dengan pembacaan sholawat dan doa yang dipimpin oleh ketua MUI Kabupaten Cirebon.

 

Setelah melakukan buka puasa bersama, Bupati melanjutkan sholat Magrib di Masjid Al-Hidayah yang terletak tidak jauh dari balai Desa Kejuden, kemudian dilanjutkan dengan sholat isya dan taraweh. Sebelum sholat taraweh, dalam sambutanya Camat Depok menyampaikan ucapan selamat datang kepada bupati dan rombongan yang telah menunjuk Desa Kejuden Kecamatan Depok untuk dijadikan acara Safari Ramadhan dan juga merasa senang daerahnya menjadi bagian dari acara Safari Ramadhan kali ini. Disela-sela sambutannya, Camat Depok sedikit menyampaikan selayang pandang tentang wilayah Kecamatan Depok.

 

Berikutnya, Bupati menyampaikan sambutan dengan mengajak meningkatkan ibadah dan amal soleh di Bulan Ramadhan yang telah menginjak sepuluh hari kedua. Bupati juga menyampaikan bahwa  Safari Ramadhan merupakan kegiatan rutin di bulan suci Ramadhan  antara Pemerintah Daerah dengan Forum Komunilasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam rangka silaturahmi dengan masyarakat di Kabupaten Cirebon. “Dengan acara Safari Ramadhan ini marilah kita mempererat tali silaturohmi antara

Bupati beserta unsur pimpinan daerah dengan masyarakat”, ujarnya. Disampaikan juga bahwa dalam rangka Safari Ramadhan ini khususnya di Kecamatan Depok Pemerintah Daerah memberikan bantuan bagi bagi anak yatim piatu saran dan prasarana masjid dan mushola, serta bagi guru mengaji dengan total jumlah Rp. 196.700.000 (Seratus sembilan puluh enam juta tujuh ratus ribu rupiah).

 

Selepas melaksanakan taraweh, Bupati dan rombongan menuju Balai Desa Comberan untuk melaksanakan dialog dan sapa warga. Sebelum melaksanakan dialog di Desa Comberan Bupati menyempatkan jalan-jalan dan menyapa warga Desa Comberan sambil menuju tajug sepuh yang berada sekitar satu kilometer dari Desa Comberan. Dampingi Camat Talun dan Kuwu Comberan, bupati menyempatkan berdialog dengan jamaah tajug sepuh dan menyampaikan program-program yang dilakukan dalam kepemimpinanya, serta memberikan bingkisan untuk imam tajug sepuh, kemudian dilanjutkan lagi keliling Desa Comberan sambil menyapa warga hingga menuju musolah Al-Ikhlas yang letaknya cukup jauh dari tajug sepuh. Seperti di tajug sepuh, di musholah Al-Ikhlas pun bupati disambut oleh jamaah musolah, dan kemudian melakukan hal yang sama yakni dialog dan memberikan bingkisan kepada imam mushollah.

 

Kembali ke Desa Comberan, bupati disambut dengan rebana dari ibu-ibu jamiyah Desa Comberan,   kemudian berdialog dan tanya jawab, salah satu program yang harus diprioritaskan dalam dialog di Kecamatan Talun adalah perbaikan jalan poros desa yang ada di Desa Kepompongan, karena jalan tersebut sudah rusak dan juga merupakan jalan perbatasan antara Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon. Bupati juga langsung menugaskan Kepala Dinas PUPR untuk segera memprioritaskan pengaspalan jalan poros desa tersebut.

 

Selepas melaksanakan dialog, selanjutnya bupati  beristirahat di salah satu rumah warga yang tak jauh dari balai Desa Comberan sambil menunggu acara sahur dan sholat subuh berjamaah. (AS/SW)