Rabu , 7 Desember 2022
Home / Berita / Posyandu Anggrek Wanayasa Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Posyandu Anggrek Wanayasa Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Humas Setda  –  Posyandu Anggrek Desa Wanayasa Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon hari ini, Rabu (18/10/2017) menerima kedatangan Rombongan Tim dari BPMPD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Provinsi Jawa Barat yang diketuai Ir. Bambang Sugianto. Maksud kedatangan tim adalah untuk melakukan penilaian kinerja Posyandu Anggrek, dalam rangka mencari kandidat terbaik dari kabupaten/kota untuk dilombakan ketingkat provinsi, dan apabila kemudian  masuk dalam kategori penilaian terbaik, dilanjut untuk  diperlombakan  sampai ketingkat Nasional.

Dalam kesempatan acara ini, hadir dari pemerintah Kabupaten Cirebon, Bupati, Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si, dan  Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE. M.Si, para Kepala SKPD Kabupaten Cirebon, Camat Beber, Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan, Kuwu Desa Wanayasa, serta undangan lainnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Posyandu  yang ada di Kabupaten Cirebon terdapat 2.614 yang tersebar di 424 desa/kelurahan, namun yang masuk dalam kriteria hasil penilaian terbaik dari tim  kabupaten diantaranya Posyandu Anggrek yang dianggap  layak untuk dilombakan ketingkat provinsi.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon  menyampaikan bahwa pelayanan yang berbasis Posyandu terus dikembangkan melalui peran serta masyarakat dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. Hal ini karena dengan pelayanan Posyandu semakin membuktikan hasilnya, dari mulai pelayanan KB, pemriksaan ibu hamil, penanganan gizi buruk, dan seterusnya merupakan upaya kongkrit sebagai wujud kepedulian yang tinggi untuk mewujudkan akselerasi dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Index Pembangunan Manusia ( IPM) di Kabupaten Cirebon.

“Pihak pemrintah akan terus mendorong, membina, dan memberikan fasiltas serta menggerakan swadaya masyarakat di bidang kesehatan.

Alhamdulillah Pokjanal, Posyandu yang ada di Kabupaten Cirebon sudah mampu menunjukkan kinerja yang baik dalam melakukan pembinaan terhadap Pokja yang ada di tingkat desa/kelurahan sehingga dapat mengkoordinasikan dan mengintegrasikan dengan pihak lembaga swadaya masyarakat, sektor swasta, dan organisasi perangkat daerah,” jelasnya ditengah-tengah sambutan.

Selanjutnya, Bupati merasa sangat optimis bahwa dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh tim penilai dari kabupaten, Posyandu Anggrek bakal memporoleh peringkat kesatu ditingkat provinsi. Alasannya karena  kinerja dari pada kader Posyandu ini cukup baik, dari mulai pelayanan kepada masyatakat sampai inovasi ketingkat perekonomian dengan keberhasilan  dalam  mengelola simpan pinjam uang, yang awalnya modal  sebesar Rp. 2 juta sekarang sudah menjadi Rp. 8 juta. “Mudah-mudahan langkah langkah tersebut bisa ditiru oleh Posyandu yang lain,” tegas Sunjaya diakhir sambutannya. (Nrjt)