Jumat , 12 Agustus 2022
Home / Berita / Polres Cirebon Gelar Apel Kebangsaan Guna Antisipasi Terorisme dan Pahan Radikalisme

Polres Cirebon Gelar Apel Kebangsaan Guna Antisipasi Terorisme dan Pahan Radikalisme

Humas Setda  – Mapolres Cirebon menyelenggarakan kegiatan Apel Kebangsaan dalam rangaka antisipasi terorisme dan paham radikalisme di wilayah hukum Polres Cirebon yang dilaksanakan di depan Mapolres Cirebon, Sabtu (26/5/18).

Plt Bupati Cirebon, Selly Andriani Gantina, setelah melaksanakan apel bersama itu menyampaikan agarbkepada masyarakat untuk kembali mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), dan masyarakat juga diminta peka akan permasalahan kedatangan orang baru, kalau orang baru tersebut dianggap mencurigakan sebagainya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait, ini merupakan upaya untuk meminimalisasi beredarnya paham radikal di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Langkah dari Pemda untuk mengantisipasi beredaranya paham radikal dan antisipasi teroris di Kabupaten Cirebon ini adalah dengan menerbitkan surat edaran kepada seluruh perangkat ditingkat Kecamatan dan desa, agar selalu berkoordinasi dengan unsur muspika setempat, Babinsa dan Babinmas dan unsur elemen masyarakat keagamaan terkait antisipasi tindak terorisme dan paham radikal,” terangnya.

“Apel ini adalah upaya kebersamaan tiga pilar untuk memberi jaminan keamanan dan menentang aksi radikal dan teroris yang selama ini sedang marak. Mudah-mudahan dengan aksi ini bisa mensolidkan dan memberi kesadaran kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon agar bersama-sama melakukan kewaspadaan dan menjaga lingkungan dari paham radikalisme yang secara tidak langsung mulai menyusup di lingkungan kita,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Cirebon, Ajun Komisaris Besar Suhermanto mengatakan “Untuk mengantisipasi tidakan tersebut, Pihak kepolisian bakal melaksakan patroli bersama tiga pilar terus salah satunya seperti pengamanan-pengamanan rumah ibadah di seluruh Kabupaten Cirebon, tujuannya agar kabupaten ini tetap aman dan terkendali,” terangnya.

“Diharapkan setelah diadakannya apel ini, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat unsur pemerintahan dan TNI Polri untuk meningkatkan deteksi dini,” ungkap Hermanto (AS)