Jumat , 21 Januari 2022
Home / Berita / Plt Bupati Buka TMMD Ke-101

Plt Bupati Buka TMMD Ke-101

Humas Setda  –  Plt Bupati Cirebon Selly Andriany Gantina hari ini menjadi inspektur upacara dalam pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di Desa Gembongan Mekar, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon. TMMD kali ini  dihadiri Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Rabu 4 April 2018.

Selly mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk dan komitmen pemerintah daerah dan TNI dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa sesuai program TMMD.

“Program ini salah satu metode motivasi dalam menumbuh kembangkan masyarakat untuk membangun daerahnya di pedesaan, sehingga dapat mengentaskan kemiskinan, Pembangunan bukan hanya diharapkan pada segi fisik seperti  pembangunan pembenahan jalan insfratruktur dan lainnya tetapi juga pembangunan non fisik di antaranya pembentukan karakter, membangun skill masyarakat” ungkapnya.

Selly juga menjelaskan, dijadikannya Desa Gembongan Mekar sebagai sasaran TMMD karena ada beberapa alasan. Pertama, desa dengan tingkat sosial ekonomi yang rendah. Kedua, belum tersentuh pembangunan optimal karena infrastruktur desa kurang memadai. Ketiga, TMMD dapat dibina sebagai program ketahanan untuk menumbuhkembangkan kesejahteraan. “Termasuk persatuan dan kesatuan. Mewujudkan masyarakat Cirebon agamis, maju berkeadilan, dan sejahtera,” katanya.

Program TMMD ini menghabiskan anggaran sebesar Rp1 miliar yang berasal dari dana APBD Kabupaten Cirebon sebesar Rp750 juta dan APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp250 juta, dana tersebut akan membangun jalan sepanjang 750 meter, Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 500 meter, satu musala, satu ruhtilahu, dan normalisasi sungai sepanjang 500 meter.

“Kegiatan ini sharing dengan kegiatan program pemerintah, dan diharapkan program TNI untuk mencapai percepatan pembangunan, dan untuk kegiatsn TMMD ke 101 ini akan di laksanakan dari tanggal 4 April – 3 Mei 2018” ujar Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan saat ditemui di Desa Gembongan Mekar, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon. (AS/JAY)