Jumat , 12 Agustus 2022
Home / Berita / Pemerintah Kabupaten Cirebon Salurkan Beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah Rawan Pangan.

Pemerintah Kabupaten Cirebon Salurkan Beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah Rawan Pangan.

Humas Setda –  Warga Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, antusias menyambut kedatangan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra karena pada hari ini  Sebanyak 260 kepala keluarga di Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon mendapatkan bantuan beras, Jumat (26/1).

Bantuan beras tersebut diberikan langsung oleh Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, MM,. M.Si, melalui Dinas Ketahanan Pangan bertempat di Kantor Kepala Desa Sitiwinangun dengan tujuan memberantas daerah rawan pangan di Kabupaten Cirebon. Dan di hadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Kepala Disperindag Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Pertanian, Camat Jamblang, Forkopimcam Jamblang, Kuwu se Kecamatan Jamblang dan sejumlah warga Desa Sitiwinangun.

“Saya selaku Bupati peduli terhadap masyarakat Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu saya memerintahkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, bagaimana caranya memberi bantuan kepada masyarakat di Desa Sitiwinangun. Sebanyak 260 KK yang kita beri bantuan berupa beras premium masing-masing 25 kg. Ini dilakukan agar masyarakat betul-betul menikmati beras, karena dengan beras medium mungkin mereka sudah terbiasa,” ungkap Sunjaya.

“Saya meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan agar bagaimana caranya memberikan bantuan kepada masyarakat rawan pangan, dan pemberian beras ini sebagai contohnya,” ujar Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra saat ditemui di Kantor Kepala Desa Sitiwinangun.

Desa Sitiwinangun merupakan desa rawan pangan pertama di tahun 2018 yang mendapatkan bantuan beras. Rencananya, akan ada tujuh desa lain yang akan mendapatkan bantuan beras.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Muhidin menambahkan, sejak tahun 2016 Bupati Cirebon telah menginstruksikan untuk mengintervensi 23 daerah rawan pangan yang ada di Kabupaten Cirebon. Dan di tahun 2018 ini, menurutnya tersisa tujuh desa rawan pangan termasuk Desa Sitiwinangun yang akan diberi bantuan oleh Bupati. (AS)