Jumat , 7 Oktober 2022
Home / Berita / Lagi, Hari ini Bupati Lantik Kuwu PAW Desa Sidamulya

Lagi, Hari ini Bupati Lantik Kuwu PAW Desa Sidamulya

Humas Setda  –  Hari ini dua kuwu Pergantian Antar Waktu di Kabupaten Cirebon dilantik dan diambil sumpahnya. Setelah Kuwu Ender Kecamatan Pangenan pukul 10.00 Wib,  giliran Kuwu Sidamulya Kecamatan Astanajapura dilantik. Prosesi pelantikan berlangsung sekitar pukul 14.00 Wib bertempat di Kantor Desa Sidamulya. Selain  Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs.,  MM., M.Si., acara pelantikan juga dihadiri oleh Kepala DPMD, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kabag Pemerintahan, Camat dan unsur Muspika, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, aparat desa, tokoh masyarakat dan agama setempat, serta keluarga dan kerabat kuwu  beserta ratusan masyarakat ikut serta menyaksikan pelantikan kuwu PAW ini.

 

Sebelum ke tempat pelantikan, Bupati melaksanakan shalat Jum’at di Masjid Jami’ Al-Ishlah Sidamulya dan bertegur sapa dengan tokoh mayarakat dan agama setempat, serta memberi kesempatan berfoto bersama masyarakat. Berbeda dengan pelantikan sebelumnya, Bupati bersama  berjalan kaki dari rumah kuwu yang akan dilantik beserta rombongan dengan diiring Marching Band SMP Al-Ishlah Sidamulya dan ratusan masyrakat setempat menuju balai desa sejauh kurang lebih 150 meter. Mendekati lokasi pelantikan, Bupati dan Camat Astanajapura menaiki ‘burok’ yang ditandu oleh empat orang sampai memasuki kantor balai desa.

 

Acara pelantikan dimulai pukul 12.20 Wib dengan pembacaan naskah pengeshan pelantikan. Sementara itu, di luar gedung tidak kurang dari lima ratus orang dengan sabar mendengarkan dan menyaksikan seluruh prosesi pelantikan kuwu PAW Desa Sidamulya, Suwarna. Sebagaimana diperoleh informasi bahwa, kuwu sebelumnya Rustono yang menjabat selama kyrang lebih dua tahun, diberhentikan karena ada masalah dengan ijazahnya, dan kemudian digantikan dengan penjabat sementara, Ilyas Gunawan, sampai dihantarkannya Suwarna menjadi kuwu PAW Desa Sidamulta sampai pemilihan berikutnya.

 

Tidak jauh berbeda dengan waktu memberikan sambutan di Desa Ender, Bupati juga menyampaikan selamat kepada kuwu yang baru dilantik, dan berharap menjalankan tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat. “Kita harus mampu menghadapi semua persoalan dan tantangan yang ada di desa, dengan mengubah cara dan pola berdikir, baik teknis maupun manajerial dengan dilandasi oleh visi dan misi yang telah menjadi kesepakatan bersama”, tandasnya di tengah-tengah sambutan.

 

Dipenghujung sambutannya, Bupati mengatakan, “hari ini Saudara resmi dilantik sebagai kuwu antar waktu Desa Sidamulya, mulai hari ini juga Saudara resmi mengemban tugas untuk memikul tanggung jawab sebagai pimpinan pemerintah desa. Saudara harus mampu menjalankan roda pemerintahan desa dan berperan aktif sebagai motivator dan inovator pembangunan di tengah-tengah masyrakat”, yang kemudian diakhiri dengan ucapan selamat atas  masyarakat yang diembankan kepada kuwu Desa Sidamulya baru ini.

 

Selesai pelantikan, Bupati rehat sejenak di ruang sebelah dan selepasnya, sebelum meninggalkan Sidamulya, menyempatkan berfoto bersama dengan keluarga dan kerabat kuwu serta masyarakat setempat yang hadir di lokasi. (ES/Jae)