Jumat , 21 Januari 2022
Home / Berita / Kabupaten Cirebon Kembali Terima Penghargaan Swasti Saba Kategori Wistara

Kabupaten Cirebon Kembali Terima Penghargaan Swasti Saba Kategori Wistara

Humas setda   –  Pemerintah Kabupaten Cirebon kembali meraih penghargaan bergengsi Swastisaba Kabupaten / Kota sehat tahun 2017 dengan kategori Wistara dari Guberbur Jawa Barat, di Aula Barat Gedung Sate Bandung pada Rabu (11/04/2018).

Penghargaan Swasti Saba ini diraih Kabupaten Cirebon selama empat tahun berturut dimulai sejak tahun 2011, 2013, 2015 dan sekarang 2017 ini.

Tahun 2011 Kabupaten Cirebon menerima Penghargaan Swasti Saba Kategori Padapa dengan tiga tatanan antara lain yaitu:

  1. Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri
  2. Kawasan Pemukiman, Sarana Dan Prasarana Umum
  3. Kawasan Industri Dan Perkantoran Sehat

dan tahun 2013, 2015 dan 2017 Kabupaten Cirebon menerima penghargaan Swasti Saba Kategori Wistara dengan tatana antara lain,

1. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri,

2. Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum

3.Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat

4.Kawasan Pariwisata Sehat

5.Kawasan Kehidupan Sosial yang Sehat

6.Ketahanan Pangan dan Gizi

7.Kawasan Hutan Sehat

8.Kawasan Pertambangan Sehat.

Penghargaan “Swasti Saba”  oleh Gubernur Jawa Barat di adakan dua tahun sekali ini diberikan kepada Kabupaten Cirebon  yang telah melaksankan proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Desa sehat serta dukungan lintas sektor terkait, karena masalah kesehatan penyebabnya multi kompleks oleh karena itu harus di selesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat ungkap dr. Neneng Hasanah Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutan Gubernur Jabar yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Sosial

Ir. H. Koesmayadi Tatang Padmadinata menyampaikan , Kabupaten/ Kota sehat adalah suatu kawasan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, itu semua dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi dan telah disepakati masyarakat bersama pemerintah daerahnya”paparnya.

“Semoga tahun depan seluruh Kabupaten/ Kota di Jawa Barat sudah menjadi Kabupaten/ Kota Sehat dalam tahapannya masing-masing,” harapnya diakhir sambutannya.

Dilanjutkan pemberian penghargaan swastisaba oleh Asisten Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Sosial Setda Jabar yang diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra H. Benny Sugiarsa dengan didampingi Sekdis Kesehatan dr. Hj. Neneng Hasanah, selain mendapat penghargaan juga mendapat dana pembinaan  (kadeudeuh) sebesar Rp. 25 Juta dari Provinsi Jawa Barat untuk Forum Cirebon Kabupaten Sehat. (JAY)