Senin , 18 Oktober 2021
Home / Berita / Harkitnas Momentum Bangsa Indonesia Tingkatkan Kapasitas Diri

Harkitnas Momentum Bangsa Indonesia Tingkatkan Kapasitas Diri

Humas Setda  – Plt. Bupati Cirebon, Selly Andriany Gantina memimpin upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 Tahun 2018 yang dilaksanakan di lapangan Ranggajati Sumber pada Senin (21/5).

Upacara ini diikuti elemen TNI-Polri, Pegawai Negeri Sipil, PGRI, Pelajar, Ormas Pemuda Pancasila, Satpol PP, serta peringatan ini juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Cirebon, Sekda Kabupaten Cirebon Drs. H. Rahmat Sutrisno beserta jajarannya, Para Kepala OPD se-Kabupaten Cirebon, serta undangan lainnya.

Dalam membacakan  sambutan Mentri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyampaikan dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2018 ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh Pemerintah, Badan Usaha, maupun masyarakat sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus di letakan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.

Harkitnas tahun ini, mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”. Menanggapi tema tersebut, Selly mengungkapkan bahwa sesuai tema tersebut, Pemerintah Kabupaten Cirebon harus bersinergi dengan Pemerintah Pusat.

“Sesuai tema yang disampaikan pemerintah pusat maka Pemkab Cirebon harus bisa bersinergi dengan apa yang diputuskan karena kita punya bonus demografi dimana bertepatan dengan generasi milenial. Artinya generasi milenial ini menyikapi kebangkitan bangsa dengan cara digital dan teknologi,” jelas Selly.

Selly menambahkan, Kabupaten Cirebon sangat siap mewujudkan tema Harkitnas 2018. Menurutnya, digitalisasi wajib digunakan untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Walaupaun upacara Harkitnas tahun 2018 kali ini bertepatan dengan Bulan Ramadhan akan tetapi Upacara berjalan dengan khidmat dan lancar. (AS)