Kamis , 7 Juli 2022
Home / Berita / Bupati Cirebon Berharapa Keberadaan TPD Harus Dipertahankan

Bupati Cirebon Berharapa Keberadaan TPD Harus Dipertahankan

Humas Setda – Pembinaan LINI Lapangan PKB/ PLKB dan Tenaga Penggerak Desa (PTD) tingkat Kabupaten/ Kota Cirebon dibuka secara resmi oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si serta dihadiri Kabid Latbang BKKBN Prov Jawa Barat Hj. Dra. Ida Indrawati, Kepala DPPKB Kota Cirebon Hj. Daene Dewi Ratih, Dra., MM, Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Cirebon dan para PLKB dan TPD dari Kabupaten dan Kota, bertempat di Gedung NU Sumber, Selasa (21/3/2017).

Dalam sambutannya Bupati H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si menyampaikan, keberadaan tenaga penggerak desa (TPD) di Jawa Barat harus tetap dipertahankan. Karena, peran mereka sangat penting dalam memerkuat Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang saat ini jumlahnya sangat terbatas. Mengingat, jumlah PLKB dari tahun ke tahun terus berkurang yang saat ini di Jawa Barat  tinggal 1.300 orang. Sementara komposisi yang harus ditangani hampir mencapai 6.000 desa/kelurahan. Sehingga, berdampak yakni satu orang PLKB harus menangani 4 hingga 5 desa.

pentingnya peran TPD dalam memberikan advokasi kepada masyarakat dalam hal KB. Karena, kinerja TPD sangat membantu PLKB. Sehingga, dalam upaya ke depan pihaknya akan berupaya membuat surat permohonan tentang masih dibutuhkannya TPD. Karena, jumlah TPD yang dibutuhkan memang masih banyak.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang bertujuan sebagai advokasi sendiri untuk menyelesaikan isu-isu berkaitan dengan KB. Pelatihan ini diupayakan agar lebih bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ujar Bupati. (Ags)