Humas Setda  –  Dalam rangka membuka dan memperluas lapangan kerja Pemerintah Kab. Cirebon  melalui Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS ) melakukan pencanangan Kampung Produktif di Desa Ciwaringin Kec. Ciwaringin Kab. Cirebon, Selasa, (14/11/2017). Kampung Produktif diresmikan langsung oleh Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, MM. Si, didampingi Kepala Disnakertrans H. Abdullah, M.Si.

Pada acara ini hadir Forkompimcam, para Camat, para Kuwu se – Kecamatan Ciwaringin, para peserta latihan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta undangan lainnya.

Di awali dengan sambutan kepala Desa Ciwaringin, Hj. Eka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Cirebon, atas kesudianya untuk hadir pada acara ini dan selalu mendukung setiap kegiatan rakyatnya, Hj. Eka menghimbau kepada masyarakatnya ” jadilah wanita yang mandiri, kreatif, dan inovatif tidak bergantung kepada orang lain dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarganya, lebih lebih lagi, kita semua dapat mencontoh sifat – sifat sederhana Bupati yang tetap berpihak kepada rakyatnya, ” tukas Hj. Eka dalam akhir sambutanya.

Dilanjut laporan Ketua panitia penyelenggara, Kepala Dianakertrans Kab. Cirebon Drs, H. Abdullah Subandi, M.Si, bahwa berdasarkan peraturan Undang – undang No.12 Th 2003 tentang ketenagakerjaan. Yang di latarbelakangi  ketidak seimbangan peningkatan lapangan pekerjaan di kabupaten Cirebon, dengan jumlah pencari kerja, sehingga kesempatan masyarakat untuk mencari pekerjaan sangatlah terbatas.” ucap Ketua penyelenggara menyampaikan laporannya.

Oleh karena itu agar Kab. Cirebon bebas pengangguran pada Tahun 2017, Bupati Cirebon, tekan Disnakertrans  untuk mendorong kelompok kewirausahaan Batik dan produksi Emping melinjo, yang ada di Desa Ciwaringin Kec. Ciwaringin Kab. Cirebon dalam menggali potensi Wilayahnya, serta memajukan kesejahteraan melalui latihan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) sampai ketingkat pemasaranya.

Ada 40 orang yang menjadi peserta latihan tenaga kerja mandiri dan 300 orang terdiri dari beberapa element masyarakat yang mengikuti latihan TKM ini, sudah dilakukan pada oktober 2017 lalu oleh Badan latihan kerja Disnakertrans Kab. cirebon.

Bupati Cirebon, berharap dengan diresmikannya pencanangan Desa Ciwaringin sebagai kampung produktif akan menjadi acuan bagi semua pihak  yang terkait dalam pembangunan dan pemberdayaan Desa sehingga dapat bersinergi untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di Desa, yang berorentasi  pada kewirausahaan serta terciptanya Kampung Produktif  dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Acara diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.M.Si, sebagai tanda dimulainya Pencanangan Desa Ciwaringin menjadi Kampung Produktif, semoga masyarakat Ciwaringin bisa mengimplementasikan program TKM ini, untuk menjadi SDM yang berkualitas dalam menghadapi persaingan Global.  (NJT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *