Kamis , 7 Juli 2022
Home / Berita / Beri Pemahaman, Pemkab Kabupaten Cirebon Sosialisasi Program Rastra dan Bantuan Non Tunai

Beri Pemahaman, Pemkab Kabupaten Cirebon Sosialisasi Program Rastra dan Bantuan Non Tunai

Humas Setda  –  Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Sosial Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bantuan Sosial Pangan Beras Sejahtera (Bansos Rastra) dan Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) Kabupaten Cirebon Tahun 2018 di Gedung PGRI Kabupaten Cirebon 30/4/2018.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Cirebon H. Rahmat Sutrisno, M.Si, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, para kasie Kesra Kecamatan se – Kabupaten Cirebon, Kuwu dan Sekdes se-Kabupaten Cirebon dan para pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Dalam sambutanya Sekda Kabupaten Cirebon menyampaikan dengan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja pelaksanaan program Bansos Rastra dan program BPNT bagi masyarakat berpendapatan rendah, program BPNT merupakan peralihan dari program sebelumnya yaitu subsidi Rastra/Raskin, diharapkan dengan program BPNT ini dapat meningkatkan transfaransi dan akuntabilitas program sehingga adanya kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan ungkapnya.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan dengan dilaksanakan sosialisasi  ini diarahkan untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah khususnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk dapat lebih baik, sehingga masyarakat Kabupaten Cirebon dapat hidup lebih baik.

Sekda juga menyampaikan untuk Kabupaten Cirebon terdapat 165.213 KPM tentu saja angka sebesar ini menjadi tangung jawab kita bersama khususnya dalam memberikan pelayanan agar masyarakat dapat menikmati dan merasakan bantuan dan perhatian dari pemerintah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon H. Maryono , SH menyampaikan Rencana program Rastra 2018 akan dibagikan sejumalah 10 kg besar Rastra tanpa biaya, Sedangkan bantuan nontunai berupa voucher Rp 110 ribu yang bisa dibelanjakan di E-warung di masing-masing desa,”  sembari berharap pelaksanaan program Rastra di tahun 2018 tepat sasaran dan bisa terlaksnana sesuai arahan dan petunjuk pelaksana. (AS)