Sabtu , 4 Juli 2020
Home / Berita / Ujian Paket C Hari ini Kembali Digelar: Bupati Lakukan Monitoring ke Semua Sekolah (Bagian Satu)

Ujian Paket C Hari ini Kembali Digelar: Bupati Lakukan Monitoring ke Semua Sekolah (Bagian Satu)

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Humas Setda  –  Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) atau yang lebih dikenal dengan ujian paket C  makin menjadi pilihan bagi siswa level SMA. Hal ini terlihat banyaknya peserta ujian UNPK yang sedang digelar pada hari ini (Sabtu, 22/04/17). UNPK yang merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional juga sangat mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Cirebon sebetulnya telah berlangsung selama dua hari yakni sabtu dan minggu tanggal 15 dan 16 April 2017 lalu, sementara hari ini adalah hari ketiga dan berakhir besok tanggal 23 April 2017. Hal ini terlihat dengan dilakukannya monitoring kesemua sekolah yang menggelar ujian tersebut langsung oleh Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si. dan Kepala Dinas Pendidikan, Drs. H. Asdullah, MM.

 

Ada delapan lokasi untuk menampung peserta ujian sebanyak dua ribu tujuh ratus  yang menjadi lokus berlangsungnya ujian paket C se-Kabupaten Cirebon ini, yakni  sekolah  MTsN II Cirebon,  SMPN 1 Plumbon, SMK Ulil Albab Depok, SMPN 1 Sumber, SMPN 2 Sumber,  SMPN 1 Talun, SMPN 1 Astanajapura, serta SMPN 1 Lemahabang. Enam sekolah yang disebutkan pertama akan dimonitoring hari ini, dan dua sekolah  berikutnya besok minggu.

 

Kehadiran Bupati Cirebon, di lokasi monitoring pertama, MTsN II Cirebon sekira pukul 08.05 langsung disambut panitia dan para guru serta pengawas. Sebanyak seratus enam puluh lima yang hadir dari seratus enam puluh delapan, terlihat seluruh peserta ujian serius mengerjakan soal. Tanpa seremonial, Bupati langsung menuju ruangan peserta ujian. Ruangan demi ruangam yang berisi dua puluh peserta disapa dan disalami. “Semoga lulus semua yaa”, ujarnya singkat diakhir kunjungan kesetiap ruangan.

 

Berbeda dengan monitoring di MTsN II Cirebon, kunjungan ke SMK Ulil Albab Depok, yang jumlah pesertanya sebanyak tiga ratus lima puluh dua yang hadir dari tiga ratus sembilan puluh enam yang terdaftar, nampak bupati lebih meluangkan waktu dengan peserta ujian. Selain menyapa juga memberikan kesempatan kepada pengawas dan seluruh peserta ujian yang mau berfoto bersama. Nampaknya tidak disia-siakan oleh seluruh isi ruangan.  Gedung yang berisi dua lantai ini tak luput dari sapaan dan ucapan semoga berhasil. Demikian halnya di SMPN 1 Plumbon, dengan jumlah peserta ujian sebanyak tiga ratus empat puluh lima yang dibagi kedalam dua puluh ruang kelas.

 

Beranjak ke kunjungan berikutnya, SMPN 1 Sumber. Disini tingkat ketidakhadiran termasuk cukup tinggi, dari tiga ratus tujuh belas peserta, sebanyak dua ratus empat puluh tiga yang hadir atau tujuh empat peserta lainnya tidak datang. Sebelum monitoring ke ruangan, Bupati memberikan kesempatan wawancara khusus dengan sejumlah media di ruang kepala swakolah, antara lain  Radar Cirebon Tivi. RRI, dan Cirebon TV. Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan bahwa animo masyarakat terhadap ujian kejar paket C ini semakin besar. “Terlihat dengan tingkat kehadiran yang mencapai delapan puluh lima persen, sementara tahun kemarin sekitar tujuh puluh dua persen, dan diharapkan tahun depan dapat meningkat lagi”, ujarnya.   “Siswa yang berhenti sekolah karena biaya atau alasan lainnya dapat ditampung dengan kejar paket B atau C ini”, lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, H. Asdullah, menambahkan bahwa untuk tahun 2018 juga akan dibuka dua SMA Terbuka yang satu di wilayah barat yaitu Palimanan dan satunya di wilayah timur, yakni Babakan.

 

Selepas menyampaikan pernyataan, Bupati dan rombongan diikuti panitia memasuki ruangan peserta ujian. Di SMPN 1 Sumber ini tingkat ketidakhadiran termasuk cukup tinggi. Kali ini Bupati menanyakan apakah peserta tahu siapa yang datang, diikuti senyum dan mengiyakan tanda peserta mengetahui kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Cirebon. Namun ketika ditanya siapa yang tahu nama lengkap Bupati Cirebon, disalah satu ruangan tidak ada yang dapat menjawab dengan benar. Sementara di ruang selanjutnya, ada peserta yang hapal nama lengkap Bupati Cirebon dan langsung diberi hadiah tunai sebesar seratus ribu rupiah. Tidak ketinggalan diakhiri dengan foto bersama. Kunjungan berikutnya juga sama baik di SMPN 2 Sumber dengan jumlah peserta sebanyak  tiga ratus dua puluh delapan peserta maupun SMPN 1 Talun yang jumlah pesertanya mencapai tiga ratus empat belas orang.  Bupati masih dengan penuh semangat menyapa dan berharap para peserta dapat lulus semuanya, serta selalu bersedia menyempatkan untuk diambil gambarnya.  (ES)[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]