Selasa , 18 Desember 2018
Home / Berita / Semangat Pahlawan Di Dadaku

Semangat Pahlawan Di Dadaku

Humas Setda  –  Pemerintah Kabupaten Cirebon gelar upacara bendera memperingati Hari Pahlawan yang diperinatai setiap tanggal 10 Nopember, kegiatan upacara di laksanakan di lapangan Ranggajati Sumber Kabupaten Cirebon. Sabtu 10/11/2018.

Plh. Bupati Cirebon Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si selaku inspektur upacara menyampaikan amanat dari Menteri Sosial RI yang isinya bahwa Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “pertempuran 10 november 1945″ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Di bulan november ingatan bangsa indonesia akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta serentak seperti yang saat ini kita lakukan juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air.

Peringatan hari pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa indonesia.

Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan melemah kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 ” Semangat Pahlawan di Dadaku” yang mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai- nilai kepahlawanan. Oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan setiap warga negara indonesia tanpa kecuali dapat mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri bagi Bangsa dan Negara.

Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” diakhir amanatnya. (Jay).