Kamis , 18 Oktober 2018
Home / Berita / Sekda Kab. Cirebon Buka Rakor Penanganan Daerah Rawan Pangan

Sekda Kab. Cirebon Buka Rakor Penanganan Daerah Rawan Pangan

Humas Setda  –  Dinas Ketahanan Pangan Kab. Cirebon menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Daerah Rawan Pangan di aula  DKP Senin, 6/8.

Rapat koordinasi ini dibuka langsung oleh Sekda Kab. Cirebon, Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si, didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan H. Muhidin, SP. MM,  hadir para kepala OPD, Camat, dan 38 undangan lainnya.

Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Ketahanan Pangan akan berupaya terus untuk mengatasi rumah tangga miskin (RTM) di beberapa desa,  ada 32 desa di Kabupatenn Cirebon yang termasuk kategori desa miskin.

“Sesuai tujuan dan sasaran RPJMD tahun 2014 – 2019 bahwa penanganan masalah rawan pangan di Kab. Cirebon harus dituntaskan pada tahun 2019 mendatang,” ungkap Sekda Rahmat.

Dimana salah satu program unggulan Bupati Cirebon adalah “Bebas Rawan Pangan ” maka harus adanya penanganan yang melibatkan dari berbagai pihak bukan saja oleh dinas terkait, akan tetapi dari dinas lainpun turut peran serta.

“Karena adanya suatu kondisi ketidakcukupan pangan yang dialami daerah, masyarakat atau rumah tangga yang berdampak pada pertumbuhan dan kesehatan pada masyarakat,” lanjut Sekda.

Dalam kesempatan tersebut secara simbolis diserahkan bantuan 50 ekor ayam betina masing-masing kepada warga RTM di 32 desa. Selain ayam, Pemerintah Kabupaten Cirebon juga memberikan bantuan berupa kandang ayam kepada masing-masing RTM di desa tersebut.

Dikatakannya, bantuan ayam betina dan kandang yang diberikan tersebut diharapkan menjadi modal warga RTM untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga. Selain itu juga diharapkan ayam tersebut menjadi modal usaha produktif.

“Dengan ayam betina itu diharapkan bisa berkembang biak dan mampu menopang pemasukan untuk keluarga. Sehingga pemasukan dari penjualan ayam yang beranak pihak itu  bisa mengurangi beban kebutuhan keluarga,” katanya. (NJ)