Kamis , 4 Juni 2020
Home / Berita / PEMKAB CIREBON TERIMA BANTUAN RIBUAN LITER DISENFEKTAN DARI CIREBON POWER

PEMKAB CIREBON TERIMA BANTUAN RIBUAN LITER DISENFEKTAN DARI CIREBON POWER

SUMBER : Pemerintah Kabupaten Cirebon mendapatkan bantuan ribuan liter disinfektan dari Cirebon Power. Rencananya, ribuan liter disinfektan ini, akan didistribusikan keseluruh kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon, Drs.H.Imron, M.Ag mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan bantuan disinfektan dari perusahaan pembangkit listrik ini, untuk melakukan penyemprotan di seluruh Kabupaten Cirebon.

Namun untuk bantuan tahap awal sebanyak 8.000 liter disinfektan, akan didistribusikan ke sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Untuk yang tahap awal, hari ini akan disitribusikan ke sepuluh kecamatan,” ujar Imron, Senin 2 April 2020.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power. Karena dengan adanya bantuan disinfektan ini, maka penyemprotan disinfektan di Kabupaten Cirebon akan lebih luas. Jika sebelumnya hanya di jalur protokol dan tempat-tempat khusus saja, maka nanti akan dilakukan disinfektan ke seluruh desa.

“Nanti akan sampai kampung-kampung penyemprotannya,” kata Imron.

Bupati berharap, kebutuhan disinfektan untuk penyemprotan di Kabupaten Cirebon, bisa difasilitasi oleh Cirebon Power. Karena menurutnya, kebutuhan disinfektan untuk penyemprotan, jumlahnya sangat banyak.

“Tadi, Cirebon Power sudah siap untuk memberikan disinfektan sesuai yang dibutuhkan. Nanti, kita tinggal sediakan alatnya saja,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan menuturkan, bahwa bantuan dari Cirebon Power ini, akab mewujudkan program bupati dalam melakukan pencegahan covid-19.

“Yaitu program penyemprotan seluruh rumah di Kabupaten Cirebon,” kata Alex.

Alex mengungkapkan, sepuluh kecamatan yang diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan disinfektan tahap pertama ini, yaitu Kecamatan Greged, Sumber, Plered, Gegesik, Dukupuntang, Waled, Astanajapura dan Babakan.

Sepuluh kecamatan ini diprioritaskan, karena terdampak besar dari adanya wabah covid 19 ini. Hal tersebut dilihat dari tingginya angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan warga yang mudik dari kota lain.

“Untuk sepuluh kecamatan ini, hari ini sudah didistribusikan,” ujar Alex.

Selain sepuluh kecamatan ini, pihaknya juga akan mendistribusikan bantuan disinfektan ini, keseluruh kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Nantinya, setiap kecamatan akan memiliki toren untuk menampung disinfektan. Setiap distribusi, pihaknya akan memberikan sebanyak 1.000 liter untuk setiap kecamatan.

“Kecamatan lain sedang disiapkan dulu torennya. Nanti juga kita akan distribusikan,” katanya.

Farid Hentihu, perwakilan dari Cirebon Power mengatakan, bahwa pihaknya siap untuk mendistribusikan bantuan disinfektan untuk Kabupaten Cirebon setiap tiga hari.

Setiap distribusi, pihaknya akan mengirimkan disinfektan sebanyak 8.000 -10.000 liter. Farid mengungkapkan, bahwa disinfektan yang diberikan kepada Pemkab Cirebon, masih berbentuk bahan baku.

“Sehingga harus ditambah air tiga kali lipat. Kalau sekarang 8.000 liter, nanti bisa jadi sekitar 30ribu liter disinfektan,” kata Farid.

Farid mengingatkan, walaupun disinfektan ini efektif untuk membunuh virus, tapi tidak direkomendasikan digunakan untuk mahluk hidup.

Pihaknya hanya merekomendasikan penggunaan disinfektan ini, untuk benda mati saja.

About admin

Check Also

Baznaz Kabupaten Cirebon Salurkan Bantuan Untuk Ribuan Guru Ngaji dan Imam Mushola

Cirebon – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon, mendistribusikan ribuan paket bantuan sembako, untuk …