Kamis , 12 Desember 2019
Home / Berita / Kirab Budaya Ramaikan Hari Jadi Ke-537 Kabupaten Cirebon

Kirab Budaya Ramaikan Hari Jadi Ke-537 Kabupaten Cirebon

Humas Setda  – Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke-537 dinas budaya pariwisata dan olahraga (DISBUDPORA) kabupaten cirebon telah adakan kirab budaya sabtu (30-3-2019).

Dalam acara kirab budaya tersebut telah hadir kesenian -kesenian dari CIAYUMAJAKUNING yang dengan semangat ikut memeriahkan hajat kabupaten cirebon yang di kemas dengan “KIRAB BUDAYA “kabupaten cirebon.

Acara ini di hadiri oleh Wakil  Gubernur Jawa Barat “UU Ruzhanul Ullum”anggota DPR RI dari praksi PDIP”Drs.YOSEPH UMAR HADI”,assisten deputi bidang pemasaran dan pariwisata(KEMENPAR)”WAWAN GUNAWAN”,Para OPD se kabupaten Cirebon, kepala dinas budaya pariwisata, olaraga(KADISBUDPAR) Drs. HARTONO .M.M. serta tamu undangan lainya

Acara berlangsung meriah, tertib dan kondusif. Pj.Bupati Cirebon beserta Istri dan Forkopimda menaiki Kereta paksi Naga liman dari Kodim 0620 melaju di arak  sampai panggung kehormatan di alun alun pemda sumber cirebon

“Menurut pj. bupati cirebon,Ir.H. Dicky Saromi,M.SC “dalam isi sambutanya mengungkapkan bahwa saya sangat bangga terhadap budaya kabupaten cirebon karena karakteristik masyarakat Cerbon, dapat meneruskan pendahulu kita untuk melestarikan budaya kita, agar di tampilkan pada masyarakat cirebon dan masyarakat berhasil menemukan jati diri sendiri ,ungkapnya.

Di samping itu, pj. bupati cirebon mengatakan sesuai dengan pesan sunan gunung jati “INGSUN TITIP TAJUG DAN PAKIR MISKIN”dari dua pesan itu ada makna yang harus di laksanakan,tajug merupakan menyiarkan dan bisa menerapkan pada masyarakat agar beraklak mulia dan pakir miskin merupakan agar ikut berbagi dan mensejahterakan masyarakat kabupaten cirebon.

Kabupaten cirebon merupakan daerah yang kaya akan budaya sahingga budaya cirebon di jadikan aset bangsa indonesia yang bukan saja secara nasional tapi internasional,ujarnya.

Dengan adanya kirab budaya maka masyarakat cirebon akan  melihat bentuk budaya cerbon yang beraneka ragam, di bidang pariwisata dulu kabupaten cirebon yang identik dengan wisata religi dan kuliner saja, makanya mulai sekarang kita galakan beberapa program setrategi untuk mendorong pariwisata”,tutupnya dalam sambutanya sekaligus membuka acara.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pertunjukan dari Ciayumajakuning dengan beragam kesenian  yang ditampilkan dengan mengelilingi panggung kehormatan.( Jay)