Minggu , 13 Juni 2021
Home / Berita / Kabupaten Cirebon Targetkan Raih Tingkat Utama dalam Anugerah Prahita Ekapraya 2021

Kabupaten Cirebon Targetkan Raih Tingkat Utama dalam Anugerah Prahita Ekapraya 2021

Humas Kab. Cirebon – Kabupaten Cirebon menargetkan untuk bisa meraih predikat utama dalam Anugerah Prahita Ekapraya (APE) 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Republik Indonesia.

Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih,S.E, M.Si mengatakan, bahwa Kabupaten Cirebon sangat memperhatikan terkait kesetaraan dan ekadilan gender.

Hal tersebut hisa dilihat, dari sejumlah peraturan yang sudah diterapkan di Kabupaten Cirebon, yang sangat memperhatikan hal tersebut.

“Pengarustamaan gender di Kabupaten Cirebon, sudah tertuang dalam berbagai kebijakan dan peraturan,” ujar Ayu saat menghadiri acara verifikasi lapangan Anugerah Ekapraya Prahita.

Ayu juga menuturkan, bahwa pihaknya juga sudah membentuk Kelompok Kerja (Pokjq) pengarustamaan gender, yang sudah ditetapkan melalui keputusan bupati.

Pokja yang diketuai oleh Bapelitbangda tersebut, dianggotai oleh sebanyak 30 OPD dan 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon.

” Berbagai program juga sudah dibuat, untuk mendukung kegiatan tersebut,” kata Ayu.

Ayu sangat berharap, bahwa peringkat yang akan didapatkan oleh Kabupaten Cirebon dalam Anugerah Prahita Ekapraya ini, bisa meningkat dibandingkan dengan sebelumnya.

Jika sebelumnya Kabupaten Cirebon menerima anugerah tingkat madya, Ayu berharap tahun ini bisa mendapatkan anugerah di tingkat utama.

“Semoga tahun ini bisa mendapatkan tingkat utama,”kata Ayu.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). (Tim Liputan)