Minggu , 21 April 2019
Home / Berita / Dinkes Kabupaten Cirebon Luncurkan Program PSC 119 dan Siceria

Dinkes Kabupaten Cirebon Luncurkan Program PSC 119 dan Siceria

 

Humas Setda  – Demi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan resmi membuka pusat pelayanan keselamatan terpadu public safety center (PSC) 119 Siceria (Sigap Cepat Eman Rakyat).

Peluncuran PSC merupakan kado spesial di hari jadi Kabupaten Cirebon yang ke-537 yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (4/4).

PSC 119 merupakan layanan gawat darurat kesehatan, dan bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama pada kegawatdaruratan kesehatan terhadap masyarakat secara sigap dan cepat.

Untuk itu, jika masyarakat membutuhkan layanan kegawat daruratan kesehatan, saat ini bisa menghubungi nomor telepon sebagai berikut: (0231) 8800119, 081998800119, 08232074439, dan 081224443700 (WhatsApp).

Dalam Peresmian tersebut  dihadiri PJ Bupati Cirebon beserta Kepala OPD,  Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit, 60 Kepala Puskesmas dan unsur Forkompinda.

Pj. Bupati Cirebon menyampaikan  bahwa PSC akan menjadi media ataupun sarana bagi masyarakat untuk mempercepat pelayanan kesehatan p. Kita akan memberikan respon cepat terhadap masalah-masalah kesehatan dilapangan.

Menurutnya, PSC tersebut masih dalam tahap pengembangan akan tetapi sudah beroperasi dalam beberapa tahun ini. walaupun fasilitas tersebut belum lengkap akan tetapi mampu menjalankan pusat pelayanan kesehatan dengan maksimal.

Dengan adanya pelayanan yang lebih cepat, Dicky mengungkapkan mengaku terkesan bahwa Dinas Kesehatan tersebut sudah ada petugas yang berjaga di Call Center selama 1×24 Jam. “Ada 3 sift, jadi Kantor ini tidak tutup dari kesehariannya yang mereka bisa melakukan tindakan disini atau nanti mereka (petugas) bisa kelapangan jadi ini saya mempunyai terkesan sendiri,” tandas Dicky sambil tersenyum.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Hj Eni Suhaeni mengatakan, tujuan dari  PSC  tersebut yang tak lain untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan.  Jika ada kasus-kasus terjadi kegawat daruratan, kita hadir di kesigapan,” katanya

Ia menambahkan, masyarakat bisa menghubungi nomor penting diantarannya 8800119. “Kalau kemarin Call Center Siceria hanya untuk ibu hamil dan bayi, dan sekarang dengan PSC akan lebih luas lagi,” jelasnya.

Menurutnya, ada 3 unit kendaraan operasional jenis mobil Ambulance untuk mobilitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Dijelaskannya, jika ada masyarakat menghubungi Call Center 02318800123. Maka kata dia, pihakya mengetahui posisinya penelepon tersebut melalui komunikasi. “Jika posisinya disekitar sini, misalkan kurang lebih 15 menit dari pihak kita langsung menuju korban atau masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

“Jika kalau misalkan ketempat jauh, kita akan langsung ke jejaring di 60 Puskesmas itu, langsung dibawa, diberikan pertolongan pertama. Kalau misalnya harus dirujuk, ya harus dirujuk ke Rumah Sakit terdekat,” imbuhnya. (AS)