Rabu , 7 Desember 2022
Home / Berita / SMAN 1 Tengah Tani Resmi Mulai Terima Murid Baru

SMAN 1 Tengah Tani Resmi Mulai Terima Murid Baru

PROKOMPIM_Setda Kab. Cirebon –  Warga di Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon, sekarang resmi memiliki Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tengah Tani.

Peresmian tersebut ditandai dengan dibukanya pendaftaran siswa baru untuk SMAN 1 Tengah Tani, yang dibuka secara langsung oleh Bupati Cirebon, Drs H Imron, M.Ag, Rabu (15/06/2022).

“Hari ini, saya menghadiri pelepasan siswa kelas 3 SMPN 1 Tengah Tani, sekaligus sosialisasi penerimaan siswa baru untuk SMAN 1 Tengah Tani,” ujar Imron.

Ia mengaku bersyukur dengan adanya SMAN 1 Tengah Tani ini. Karena menurutnya, ini bisa menjadi salah satu pendorong meningkatnya angka melanjutkan sekolah.

Imron menuturkan, dari 33 ribu siswa di Kabupaten Cirebon yang lulus Sekolah Dasar (SD), hanya 27 ribu saja yang melanjutkan ke tingkat SMP.

“Sedangkan yang lanjut ke SMA hanya 20ribu,” kata Imron.

Banyak faktor yang menyebabkan angka melanjutkan sekolah cukup rendah, diantaranya adalah faktor biaya dan jarak.

Imron mengatakan, di wilayah Tengah Tani ini, memang tidak didapati adanya sekolah SMA negeri. Sehingga adanya SMAN 1 Tengah Tani ini, diharapkan bisa kembali meningkatkan partisipasi belajar hingga tingkat SMA.

“Semoga ini menjadi salah satu solusi untuk warga Tengah Tani, yang merasa terlalu jauh untuk sekolah tingkat SMA,” kata Imron.

Ia juga meminta kepada seluruh pihak, untuk bisa bersama-sama mendorong para siswa, untuk bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang yang tertinggi.

Karena menurut Imron, selain biaya, faktor wawasan keluarga juga, kadang menjadi kendala siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Seperti halnya, ada istilah perempuan tidak usah pendidikan tinggi, karena nanti juga ujungnya ngurus dapur,” kata Imron.

Dengan adanya kerjasama seluruh pihak, Imron berharap angka partisipasi belajar siswa bisa menjadi lebih meningkat. (Tim Liputan)