Jumat , 3 Desember 2021
Home / Berita / Tim Penilai P2WKSS Provinsi Jabar Kunjungi Desa Karangsari

Tim Penilai P2WKSS Provinsi Jabar Kunjungi Desa Karangsari

Humas Setda  –   Kabupaten Cirebon kembali menerima kunjungan tim penilai Verifikasi Lokasi Binaan P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat di Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon Tahun 2018 Senin 19 Maret 2018.

Kegiatan Verifikasi P2WKSS ini sangat penting di lakukan sebagai awal rencana pembangunan di desa dan  Karangsari merupakan desa yang telah dipilih oleh Bupati  untuk di lakukan penilaian ungkap ketua Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat Drs. Bondan Suratno., M.Pd.

“Dengan diadakanya kegiatan P2WKSS kiranya dapat lebih mengintensifkan berbagai pembinaan, penyuluhan, pelayanan kepada masyarakat di desa, dengan adanya pembinaan P2WKSS ini juga agar masyarakat turut serta mewaspadai, melayani dan melindungi kaum perempuan dan anak dari kekerasan – kekerasan yang sering terjadi pada kaum perempuan dan anak-anak” harap Bondan.

Dalam kesempatan tersebut Plt Sekda H. Rahmat Sutrisno juga menyampaikan, Kebijakan Pemerintah Melalui Program P2WKSS bertujuan memberikan kesempatan dan dorongan yang seluas luasnya kepada perempuan untuk meningkatkan kemampuan dirinya dan berkiprah dalam berbagai pembangunan kebijakan tersebut antara lain dengan upaya peningkatkan  kualitas hidup perempuan dalam berbagai aspek baik dari aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun sosial politik yang  bertujuan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender guna mencapai visi Kabupaten Cirebon  yakni ” Terwujudnya masyarakat Kabupaten Cirebon yang Agamis, Maju, Adil, Sinergi dan Sejahtera.

” Desa Karangsari adalah salah satu desa dari 424 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Cirebon, terpilihnya Desa Karangsari karena Desa tersebut memiliki karakteristik sosial, budaya, maupun lingkungan masyarakat yang sangat khas bila di bandingkan dengan Desa/Kelurahan di pegunungan maupun di Perkotaan” ungkap Plt Sekda.

Walaupun sasaran dari program ini adalah keluarga artinya suami, istri dan anak tetapi titik berat pembinaan, bimbingan dan bantuan banyak diarahkan kepada kaum perempuan, dalam hal ini perempuan yang di anggap produktif yaitu yang berusia 15 sampai dengan 55 tahun ungkap Plt Sekda lagi.

Di akhir sambutanya Plt Sekda berharap agar Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon pada evaluasi tahap akhir nanti akan memperoleh hasil yang membanggakan dan dapat peredikat terbaik di Jawa Barat sebagaimana Desa Kejiwan yang mendapat predikat  I lomba pelaksanaan  terbaik P2WKSS katagori pantai tahun 2010, Desa Pabedilan Kidul sebagai peringkat II kategori pantai tahun 2011, Desa Buyut sebagai kategori II P2WKSS kategori pantai tahun 2012, Desa Kamarang sebagai Peringkat I pelaksana terbaik kategori pegunungan tahun 2013, Desa Cibogo peringkat I kategori dataran rendah, Desa Balad sebagai peringkat I kategori pegunungan, Desa Sidawangi sebagai pelaksana terbaik P2WKSS kategori pegunungan tipe B tahun 2016 serta Desa Sigong sebagai peringkat I peran Lembaga Desa terbaik katagori dataran rendah tahun 2017, serta tahun 2014 Bupati Cirebon menjadi pembina terbaik P2WKSS dan tahun 2015 Bupati Cirebon menerima penghargaan Kepala Daerah terbaik dalam pembinaan P2WKSS.

Hadir mendampingi Tim Verifikasi P2WKSS Plt Sekda Kabupaten Cirebon  Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si , Sono Suprapto, S.Sos., M.Si Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Cirebon, Camat Kecamatan Weru, Forkopimcam Weru, Kepala UPTD se Kecamatan Weru serta Kuwu Karangsari. ( AS / JAY )