Humas Setda  –  Ribuan masyarakat dari berbagai wilayah Ciayumajakuning dan sekitarnya tumpah ruah, memadati sepanjang jalan Pantura Gunungjati Kabupaten Cirebon, Sabtu (14/10/2017). Mereka yang berasal dari berbagai daerah tersebut, rela berdesakan agar bisa menyaksikan langsung gelaran karnaval atau arak-arakan Sedekah Bumi dan Pesta Laut Gunungjati, yang sudah menjadi agenda tahunan masyarakat Gunungjati Kabupaten Cirebon.

Ritual Nadran dan Sedekah Bumi Masyarakat Cirebon, yang digelar saat memasuki musim rendengan atau musim penghujan, adalah bentuk rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Ritual tersebut berisi arak-arakan berbagai replika binatang, hasil kreatifitas masyarakat setempat  dan sekitarnya serta berbagai pertunjukan kesenian tradisional yang dilaksanakan di Alun-alun Makam Kramat Sunan Gunungjati Cirebon.

Acara berlangsung sejak pukul 14.00 WIB, dengan start dari Alun-alun Makam Kramat Sunan Gunung Jati, hingga ke Bunderan Krucuk Kota Cirebon. Karnaval tersebut kemudian memutar dan kembali ke Alun-alun Makam Kramat Gunung Jati dan dilepas langsung oleh Bupati Cirebon, Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, MM,. M.Si.

Gelaran Ritual Karnaval dan Sedekah Bumi Gunungjati tersebut dihadiri oleh Bupati Cirebon, Forkopimda Kabupaten Cirebon, Kapolresta Cirebon,  Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, Sultan Kanoman yang diwakili oleh Pangeran Patih Qodiran, juga perwakilan masing-masing kesultanan yakni Sultan Kasepuhan, Sultan Kecirebonan, juga Camat Gunungjati, Forkopimcam Gunyngjati dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon menyampaikan, bahwa  rangkaian kegiatan Sedekah Bumi Pesta Laut tersebut merupakan acara pesta rakyat khususnya masyarakat Kabupaten Cirebon yang ada di Kecamatan Gunungjati serta menjadi agenda  tahunan  yang rutin dilakukan. “Kegiatan tersebut merupakan aset wisata Kabupaten Cirebon, kami berharap ini terus dilestarikan, dan semoga acara tahun ini bisa berjalan dengan  lancar, aman dan sukses,” ungkap Bupati kemudian. Sementara itu, masyarakat terlihat antusias menyaksikan gelaran tahunan ini sampai acara selesai. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *