Kamis , 7 Juli 2022
Home / Berita / Program Keluarga Harapan: Bupati Cirebon Serahkan Bantuan Sosial kepada 2.835 Orang di Kecamatan Gempol

Program Keluarga Harapan: Bupati Cirebon Serahkan Bantuan Sosial kepada 2.835 Orang di Kecamatan Gempol

Humas Setda  –  Tidak kurang dari delapan ratus orang masyarakat gempol yang akan menerima bantuan sosial telah hadir di pelataran halaman kantor Kecamatan Gempol  dari pukul 08.00 Wib. Bantuan sosial diserahkan langsung oleh Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs., MM., M.Si., secara simbolis kepada beberapa perwakilan masyarakat Gempol. Selain Camat dan unsur Forkopimcam, Kepala Dinas Sosial, Pimpinan Kantor BNI Cabang Cirebon beserta jajarannya, para Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT), para kuwu se-Kecamatan Gempol, serta tenaga Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Gempol,  turut menyambut kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Cirebon ini (Rabu, 14/06/17).

 

PKH sendiri merupakan program luncuran Kementerian Sosial RI yakni berupa perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan. Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, Pendidikan Dasar, Kesetaraan Gender, Pengurangan angka kematian bayi dan balita, Pengurangan kematian ibu melahirkan.

 

Didamping Ibu Bupati Cirebon, Hj. Ayu Tjipta Sunjaya, Bupati hadir sekitar Pukul 08.20 Wib. dan langsung memberikan sambutan.  Disampaikan bahwa bantuan sosial oleh Pemerintah kepada masyarakat dan merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk  kepedulian. “Tidak henti-hentinya kepedulian pemerintah terhadap masyarakat miskin betul-betul diperhatikan secara seksama, baik anak yatim piatu, kaum dhuafa, jompo dan lain-lain”, ujarnya. Selanjutnya, Bupati mengajak kepada semua hadir untuk meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan. “Tidak hanya ibadah wajib tetapi juga ibadah-ibadah sunah lainnya, akan dilipatgandakan oleh Allah SWT di bulan suci ramadhan ini. Bonus-bonus dan diskon pahala banyak diberikan di bulan suci ramadhan ini, jadi tidak hanya di mal-mal.  Oleh karena itu, mari kita berlomba-lomba meningkatkan ibadah kita”, lanjutnya.

 

Usai sambutan, Bupati memberikan bantuan PKH ini secara simbolis kepada lima orang perwakilan yang disaksikan ratusan penerima bantuan. Pemberian bantuan sendiri rencananya akan diberikan kepada 2.835 orang masyarakat Gempol yang diberikan bertahap selama tiga hari dari Senin sampai Rabu (14-16/06/17). Pada  Rabu ini bantuan akan diberikan kepada 881 orang yang sudah hadir. Bantuan sendiri berupa uang masing-masing Rp. 500.000, yang diberikan  dengan cara melalui kartu ATM dan buku tabungan bank BNI Taplus.

 

Selanjutnya Bupati didamping Ibu serta  Camat Gempol, H.M. Suharto dan Kadis Sosial, Drs. Maryono menyaksikan langsung penarikan tunai bantuan sosial tadi melalui ATM BNI Mobile yang telah disediakan pihak bank BNI. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara keseluruhan oleh pihak kecamatan, Dinas Sosial, dan tenaga PKH. (ES)