Minggu , 14 Agustus 2022
Home / Berita / Pengarahan Kepada Ahli Waris Pahlawan dan Pembinaan Kepada Pengurus Panti Sosial Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017

Pengarahan Kepada Ahli Waris Pahlawan dan Pembinaan Kepada Pengurus Panti Sosial Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017

Humas Setda  –  Dinas Sosial Kabupaten Cirebon menyelenggarakan pengarahan kepada ahli waris pahlawan dan pembinaan panti sosial di Aula BKP5K (26/4/2017). Nampak hadir dalam acara tersebut Bupati Cirebon DR. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs., MM., M.Si., Kepala Dinas Sosial beserta jajarannya, Kepala BKP5K, para ahli waris pahlawan, para pengurus panti sosial dan tamu undangan.

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, H. Maryono, SH, mengawali sambutannya menyampaikan   rasa bangga kepada Bupati Cirebon, karena telah berusaha untuk membangun makam pahlawan yang berlokasi di Kelurahan Gegunung Kecamatan Sumber yang diberi nama “Cakra Buana”, yang mana dulunya setiap memperingati hari-hari besar kebangsaan Pemerintah Kabupaten Cirebon selalu mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kesenden yang ada di Kota Cirebon.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan Bupati Cirebon. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Cirebon merasa bersyukur karena dapat bertemu, bersilaturahmi dan bertatap muka dengan para ahli waris pahlawan, serta pengurus panti sosial, dan berharap semua yang hadir dalam keadaan sehat walafiat. “Pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar yakni bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, begitu pula Kabupaten Cirebon bagian dari bangsa yang besar dan sudah seharusnya dapat menghargai jasa para pahlawan yang gugur dalam membela negara kesatuan Republik Indonesia” ungkap Bupati.

 

Pemerintah Kabupaten Cirebon pada tahun 2016 mengadakan kerja sama dengan PT. Fasade Kobetama Internasional-Bandung dalam rangka mengadakan kajian penyusunan database pahlawan daerah yang masih dimakamkan di pemakaman umum/keluarga yang tersebar di wilayah Kabupaten Cirebon dan telah terdata sebanyak 142 Pahlawan. Pada tahun 2016 makam pahlawan yg berhasil dipindahkan sebanyak 15 makam, dan untuk tahun 2017 akan dipindahkan sebanysk 28 makam, yg telah mendapat persetujuan dari ahli waris. Kami sangat berterima kasih kepads ahli waris yang telah sudi dan rela makam leluhur orang tuanya dipindahkan dari pemakaman umum/keluarga ke Taman Makam Pahlawan Cakra Buana milik Pemerintah Kabupaten Cirebon.  Hal ini sebagai wujud penghormatan dan penghargaan Pemerintah Kabupaten Cirebon kepada pahlawan daerah yang gugur dan berjasa dalam membela negara.

 

Bupati juga sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu panti, karena telah membantu pemerintah dalam mengentaskan anak-anak terlantar, penyandang cacat dan jompo terlantar melalui lembaga panti sosial. Untuk itu kami akan terus berupaya membina dan memberdayakan panti sosial agar terus bersinergi dengan pemerintah dalam mengurangi tingkat kemiskinan. “Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Sosial pada tahun 2017 baru dapat memberikan. (Jae)