Senin , 18 Oktober 2021
Home / Berita / Pemkab Cirebon Siap Mendukung Reformasi Pendidikan

Pemkab Cirebon Siap Mendukung Reformasi Pendidikan

Humas Setda  –  Bupati Cirebon DR H Sunjaya Pyrwadisastra Drs MM MSi memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di lapangan Ranggajati Sumber, Selasa (2/5/2017). Pada peringantan tersebut, bupati membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy.

Menurutnya, pada tahun ini, tema peringatan Hardiknas yaitu “Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”. Tema ini terkait dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas serta semangat yang tinggi.

“Oleh karena itu, marilah kita resapi dan renungi tema tersebut. Kemudian kita wujudkan bersama-sama, dengan begitu lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas, ”katanya.

Ia menjelaskan, layanan pendidikan yang berkualitas ini meiliki makna dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa. “Maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 dapat terwujudnya,” ucapnya.

Bupati juga menyampaikan, penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan yang telah mengabdi dan berkorban demi keajuan pendidikan. “Pengabdian dan pengorbanan para guru telah membuahkan hasil yang menggembirakan sekalipun di sana sini masih banyak masalah dan menimbulkan ketidakpuasan . Semoga adanya masalah yang belum terselesaikan dan ketidakpuasan yang ada justru semakin melipatgandakan energi, kehendak dan ikhtiar kita untuk menemukan terobosan-terobosan baru,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo sendiri memiliki visi pendidikan di mana masa depan Indonesia sangat dibutuhkan oleh generasi  peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat serta menguasai berbagai bidang keterampilan.

“Untuk mewujudkan visi ini, Kementerian Pendidikan akan melakukan reformasi pendidikan dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah daerah. Sekarang sedang diupayakan agar pendidikan karakter kembali menjadi ruh pendidikan, untuk itu pembentukan karakter harus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar,” tukas Sunjaya. (Jae)