Minggu , 14 Agustus 2022
Home / Berita / Kunjungan Presiden RI Di Wilayah Cirebon: Masyarakat Antusian Sambut Joko Widodo

Kunjungan Presiden RI Di Wilayah Cirebon: Masyarakat Antusian Sambut Joko Widodo

Humas Setda – Rencana kedatangan Presiden RI, Joko Widodo, hari ini Kamis (13/04/17) ke wilayah Cirebon nampaknya telah diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang sudah siap-siap menyambut kehadiran orang nomor 1 di tanah air ini dari jam tujuh pagi. Sejumlah pedagang juga sudah nampak memadati area yang akan dikunjungi yaitu stadion Ranggajati dan Pondok Pesantren Buntet.

 

Presiden RI beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo yang didampingi Gubernur Jawa Barat juga beserta Ibu Hj. Netty Ahmad Heryawan dan rombongan, selama kunjungan ke wilayah Cirebon  diagendakan mengunjungi tiga lokasi. Kunjungan pertama setelah tiba di Lapangan Udara TNI AU Cakrabuana-Penggung Kota Cirebon dengan pesawat CN 295 sekitar Pukul 10.00 WIB yang kemudian langsung menuju Pondok Pesantren Buntet yang terletak di Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura untuk menghadiri haul.

 

Bupati Cirebon sendiri, DR. Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM, M.Si telah hadir dari sekira pukul sepuluh di Pondok Pesantren Buntet menunggu kedatangan Presiden RI, bersama sejumlah tokoh dan sesepuh Pondok Pesatren. Selain menghadiri acara haul, Presiden Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi ini juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan  GOR  dan gedung serbaguna  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pondok Pesantren Buntet.

 

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan bahwa pemerintah sangat mendukung sekali pondok Pesantren Buntet salah satu bentuknya adalah pemberian bantuan  pembangunan GOR yang akan segera dibangun. Selanjutnya Presiden juga menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebelum mengakhiri sambutannya, Presiden memberikan hadiah berupa sepeda kepada sejumlah siswa yang berprestasi dibidang olah raga seperti silat dan dapat menjawab beberapa pertanyaan, seperti beberapa nama suku di Indonesia, menyebutkan sila Pancasila, serta yang mendapat juara di kelas atau sekolah. Usai sambutan Presiden melakukan  peletakan batu pertama pembangunan GOR dan gedung serbaguna Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pondok Pesantren Buntet.

 

Selepas kunjungan di Pondok Pesantren Buntet, Presiden  dan rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya yang kedua yaitu menuju Stadion Ranggajati Jl. Ibrahim Malik Kab. Cirebon untuk pemberian Sertifikat tanah kepada Masyarakat,

melalui rute: Tol Kanci – Tol Plumbon – Plered – Jl. Ibrahim Malik  dengan jarak tempuh 27,4 Km 41 menit. Dilokasi stadionpun nampak sudah padat menyambut kedatangan Presiden yang terkenal dengan blusukannya, dari mulai para pejabat di Lingkungan Pemkab Cirebon dan Badan Pertanahan Negara, unsur Forkopimda, sejumlah tokoh masyarakat dan juga masyarakat yang ingin melihat langsung orang nomor satu ini.

 

Di Stadion Ranggajati, Presiden secara simbolis menyerahkan sertifikat hak atas tanah program strategis nasional, serta pembinaan fasilitasi dan kerjasama akses reformasi. Sehabis penyerahan sertifikat, Joko Widodo dan rombongan langsung melanjutkan kunjungan kerjanya ke Stadion Bima Kota Cirebon untuk pemberian kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar), KIS (Kartu Indonesia Sehat), PMT (Program Makan Tambahan), dan PKH (Program Keluarga Hemat) kepada Masyarakat yang merupakan rangkaian terakhir dari kunjungan kerja dan langsung rencananya terbang menuju Jakarta melalui Bandara Cakrabuana Penggung. (ES)