Kamis , 7 Juli 2022
Home / Berita / Giliran Gegesik dan Arjawinangun Serahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan

Giliran Gegesik dan Arjawinangun Serahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan

Humas Setda  –  Setelah Kecamatan Gempol Rabu kemarin memberikan bantuan sosial Program Keluarga Harapan yang secara simbolis langsung diserahkan oleh Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si, kini giliran Kecamatan Gegesik dan Arjawinangun secara bersamaan membagikan bantuan sosial tersebut. (Selasa, 20/06/17). Baik di Kecamatan Arjawinangun maupun di Gegesik, ratusan masyarakat sudah hadir dari pukul 08.00 Wib. Pemberian bantuan berlangsung dari pagi hingga siang hari yang dijadwal perdesa berdasarkan waktunya masing-masing yang ditentukan.

 

Ada yang berbeda kali ini, yang sebelumnya hadir besama Bupati dan Ibu Bupati,  kali ini secara terpisah Bupati menghadiri di Gegesik sementara Hj. Ayu di Kecamatan Arjawinangun.  Bupati Sunjaya tiba di Gegesik tepat pukul 10.40 Wib yang disambut oleh Camat dan jajarannya, unsur Forkopimcam, puluhan TP PKK Kecamatan,  para kuwu, para tenaga PKH Kecamatan Gegesik, serta ratusan masyarakat setempat.

 

Program Keluarga Harapan, yang lebih dikenal dengan sebutan pendeknya PKH, merupakan program yang diluncurkan Kementerian Sosial RI yakni berupa perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan. Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, Pendidikan Dasar, Kesetaraan Gender, Pengurangan angka kematian bayi dan balita, Pengurangan kematian ibu melahirkan.

 

Bupati Sunjaya menyampaikan pesan dalam sambutannya agar bantuan sosial ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya khususnya untuk biaya pendidikan anak dan biaya kesehatan. Bupati juga mengajak agar disisa bulan suci Ramadhan ini terus meningkatkan ibadah kepala Allah SWT. Selanjutnya Bupati menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan warga Gegesik untuk menerima bantuan sosial.

 

Di Kecamatan Gegesik sendiri, bantuan sosial ini diberi sebanyak 1313 orang yang tersebar di 14 desa. Sementara itu, untuk di Kecamatan Arjawinanngun bantuan yang diserahkan sebanyak 1.109 orang dari sebelas desa yang ada. Mereka menerima dalam bentuk tabungan rekening bank yang siap dicairkan. (ES & AS)