Kamis , 7 Juli 2022
Home / Berita / Desa Cupang Dipilh Sebagai Desa Mandiri Panagan

Desa Cupang Dipilh Sebagai Desa Mandiri Panagan

Humas Setda –  Bupati Cirebon menghadiri sekaligus membuka acara sosialisasi desa mandiri pangan, kegiatan tersebut bertempat di Desa Cupang Kecamatan Gempol. Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Wahyu Thjiptaningsih,SE, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Camat Gempol, Muspika Kecamatan Gempol, Kuwu Desa Cupang dan Kelompok Tani Binaan yang ada di Desa Cupang, Selasa (21/3/2017).

Dalam sambutannya Bupati H. Sunjaya Purwadisastra menyampaikan, Optimalisasi lahan pekarangan atau disebut juga kawasan rumah pangan lestari ini untuk memperkuat ketahanan pangan di desa yang lokasinya cukup terpencil. kegiatan ini direncanakan dilakukan melalui pemberdayaan kelompok wanita tani dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran, ubi, tanaman obat, dan budidaya ikan serta unggas.

“Hasil dari pemanfaatan lahan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, selebihnya untuk menambah pendapatan keluarga.” ujar Bupati

Selain itu, Pemkab Cirebon juga akan mewujudkan penguatan ketersediaan pangan di Desa Cupang tersebut dengan mengalokasikan dan kegiatan lumbung pangan masyarakat. “Dengan kegiatan tersebut diharapkan Desa Cupang mampu memperkuat peyediaan pangan masyarakat, khususnya saat musim paceklik untuk menanggulangi masalah rawan pangan,” katanya.

Sunjaya menambahkan, Desa Cupang salah satu desa mandiri pangan. Dalam hal ketersediaan pangan dari produksi sendiri, desa ini tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya, ditambah dengan kondisi geografis desa cupang yang jauh dari pusat kota dan sumber pangan. “Namun melalui kebijakan saerta peran aktif desa dan masyarakat, Desa Cupang mampu mengelola sumberdaya yang dimilki untuk mewujudkan ketahanan pangan wilayahnya bahkan bisa dikatakan mampu mandiri pangan,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Bupati H. Sunjaya Purwadisastra,MM.,M.Si memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok tani berupa uang pembinaan, diharapkan dana tersebut bisa bermanfaatkan. (Jae)

 

.