Jumat , 21 Januari 2022
Home / Berita / Bazar UMKM Meriahkan HUT Koperasi Ke-70 Tingkat Kabupaten Cirebon

Bazar UMKM Meriahkan HUT Koperasi Ke-70 Tingkat Kabupaten Cirebon

Humas setda  –  Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon menyelenggarakan acara Bazar di Alun-alun Palimanan Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon dalam rangka Hari Koprasi ke 70 Tahun (Selasa, 18/7/17) dengan tema Koperasi Kuat  Menjamin Pemerataan Ekonomi Mewujudkan Keadilan Sosial.

 

Acara yang rencananya dihadiri langsung Bupati Cirebon, dikarenakan jadwal yang padat maka diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. Yayat Ruhyat, M.Si.  Nampak hadir juga dalam acara tersebut, unsur Forkompinda, Asisten Administrasi Umum,  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM,  Kepala Dinas Budparpora, Kepala Dekopinda, Camat Palimanan, Kepala BPR se Kabupaten Cirebon, Kuwu se-Kecamatan Palimanan.

 

Kepala Dinas Koprasi dan UMKM  Kabupaten Cirebon, Drs. Erus Rusmana, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kabipaten Cirebon terdapat kurang lebih  746  koperasi, dan  yang  aktif ada 349 koperasi. Sedangkan untuk UMKM,  ada sekitar 26.000 UMKM  yang perlu sentuhan dari pemerintah, perlu peningkatan kompetensi untuk meningkatkan koperasi.   Program peningkatan kompetensi tersebut harus ditingkatkan untuk memajukan koperasi-koperasi yang ada di Kabupten Cirebon.

 

Dalam sambutanya juga diharapkan bahwa kedepan para pengurus UMKM di Kabupaten Cirebon bisa membentuk koperasi untuk bisa menjawab tantangan ke depan. Diakhir sambutanya, Iyus panggilan akrab Kepala Dinas Koperasi dan UMKM itu juga menyampaikan harapannya untuk koperasi ke depan akan semakin maju, semakin terdepan dan semakin dapat mensejahterakan para anggotanya.

 

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati yang diwakilkan oleh Sekda Kabupaten Cirebon,  menyampaikan permohonan ma’af  Bapak Bupati karena tidak bisa hadir dikarenakan dengan  padatnya  jadwalnya acara yang ada. Selanjutkan  disampaikan bahwa UMKM di Kabupaten Cirebon harus mempunyai daya saing dan kualitas yang bersaing sehingga orang-orang dari luar Kabupaten Cirebon bisa tertarik untuk datang ke Kabupaten Cirebon dan merasa puas dengan apa-apa yang disuguhkan, serta membawa oleh-oleh yang berkualitas dan bersaing dengan daerah lain.

 

“Kepada Dinas Koprasi dan UMKM untuk lebih memberdayakan kelompok UMKM-UMKM yang ada di Kabupaten Cirebon dan lebih menarik para tamu dari luar daerah sehingga para pelaku UMKM semakin maju dan mempunyai daya saing yang tinggi”, ungkap beliau disela sambutannnya. Disampaikan juga harapanya untuk para perbankan yang ada di Kabupaten Cirebon seperti BPR untuk mempermudah dalam memberi kredit kepada para pelaku koperasi dan UMKM. Diakhir sambutanya,  beliau mengungkapakan, “Mudah-mudahan diulang tahun yang ke-70 ini koperasi dan UMKM  yang ada di Kabupaten Cirebon semakin maju dan sejahtera”.

 

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para juara Koperasi Teladan serta juara lomba-lomba yang telah diselenggarakan oleh Panitia, dan terakhir dilanjutkan dengan peninjauan ke stand-stand UMKM yang ada di lokasi acara. (AS/SW)