Selasa , 18 Desember 2018
Home / Berita / Warga Blok Gunung Santri Desa Kepuh Kini Memiliki Kartu JKN-KIS

Warga Blok Gunung Santri Desa Kepuh Kini Memiliki Kartu JKN-KIS

Humas Setda  –  Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menyelenggarakan kegiatan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon 11/10

Hadir dalam acara tersebut Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadi Sastra, MM., M.Si, Ketua TP.PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si, Sekda Kabupaten Cirebon H. Rahmat Sutrisno, Kadis Kesehatan Hj. Eni Suheni, M.Kes, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Harry Safarai MM, Muspicam Kecamatan Palimanan,  Kuwu Kepuh.

Dalam laporanya, Ketua Penyelenggara H. Rahmat Sutrisno menyampaikan Pemerintah Kabupaten Cirebon memperhatikan kesehatan masyarakat karena dampak dari pembuangan akhir sampah. Dari  yang terdata untuk wilayah Desa Kepuh  sebanyak 123.218 warga, untuk kali ini baru bisa terealisasi sebanyak 250 keping dan untuk yang belum sedang dalam proses pencetakan.

Dalam sambutanya Bupati Cirebon menyampaikan pelayanan kesehatan merupakan hak setiap orang yang dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, maka dari itu melalui program Jamkesda pemerintah daerah berkomitmen untuk terus memberikan perhatian kepada masyarakat untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dengan cara mendaftarkan masyarakat sebagai peserta BPJS Kesehatan atau sebagai peserta JKN-KIS terutama dari sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.

Menurut Bupati Cirebon mengungkapkan hingga saat ini per Oktober 2018 jumlah peserta yang telah di daftarkan sebagai peserta BPJS oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon telah mencapai 212.433 jiwa dari jumlah awal 61.681 jiwa, dan jumlah ini belum termasuk masyarakat yang ada di wilayah Desa Kepuh yang sekarang sebagian di bagikan ungkap bupati.

Bupati juga menyampaikan melalui BPJS Kesehatan ini mengupayakan masyarakat kabupaten cirebon yang telah terdaftar sebagai peserta memiliki kepastian berupa jaminan kesehatan pada saat anggota keluarga mengalami sakit atau membutuhkan pelayanan kesehatan baik di tingkat dasar yaitu puskesmas maupun pelayanan tingkat lanjut yaitu rumah sakit.

Diakhir acara Bupati Cirebon yang didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Cirebon, Sekda Kabupaten Cirebon dan Kepala Dinas Kesehatan secara simbolis menyerahkan kartu JKN-KIS kepada perwakilan masyarakat Blok Gunung Santri Desa Kepuh. (AS)