Selasa , 21 November 2017
Home / Berita / Upacara Peringatan HUT RI Ke-72 Tingkat Kabupaten Cirebon Berjalan Khidmat
DSC_5503

Upacara Peringatan HUT RI Ke-72 Tingkat Kabupaten Cirebon Berjalan Khidmat

Humas Setda  –  Upacara Peringatan HUT RI ke-72 Tingkat Kabupaten Cirebon berjalan dengan lancar dan khidmat. Upacara  berlangsung dari sekitar pukul 09.00 Wib di GOR Ranggajati Sumber.  Diawali dengan penghormatan  oleh Komandan Upacara,  Kapten Arh. Bambang dari Danramil 2012/Beber, kepada Inspektur Upacara dalam hal ini Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs., MM., MSi., dilanjutkan dengan laporan bahwa upacara siap dimulai.

 

Acara kemudian beranjak dengan persiapan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Pusaka yang dipimpin oleh Komandan Upacara diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh paduan suara dan korps musik. Seluruh hadirin berdiri dengan penghormatan kepada bendera pusaka. Adapun selaku pengibar Bendera Merah Putih adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Cirebon dan Pasukan 45 Yon Arhanudse-14. Bertindak sebagai Danki pada pengibaran bendera adalah Letda Arh. Budi Kumoro Subekti, sementara sebagai Dan Paskibraka adalah Wahyudin Pratama dari SMK Negeri 1 Gunungjati. Kemudian bertindak  sebagai Danton Pasukan 45 adalah Letda Arh. Ratno, pembawa baki  Rina Nurina dari SMA Negeri 1 Beber, pengerek bendera Deva Febriyan Pangestu dari SMAN 1 Jamblang, pembawa bendera Moh. Rezza Choiri dati SMA Negeri 1 Babakan, dan sebagai pembentang bendera yaitu Syahrul Hidayat dari SMK N 1 Lemahabang.

 

Usai pengibaran bendera merah putih, beranjak dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. Selepasnya, pembacaan teks Pancasila oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, Bambang Marsana, SH, MH, diteruskan dengan pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang  Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Dandim 0620 Kabupaten Cirebon, Letkol. Inf. Irwan Budiana, SE., MM.

 

Acara kemudian beralih ke persiapan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan republik Indonesia oleh Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H. Mustofa, SH. Persiapan ini berupa pasukan pasang sangkur dan tanda kebesaran buka denga penghormatan, baru kemudian pembacaan teks. Sesudah itu, kembali tanda kebesaran tutup dengan penghormatan dan dilanjutkan pasukan lepas sangkur oleh komandan upacara. Acara kemudian berlanjut dengan mengenang detik-detik  proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Inspektur Upacara pada pukul 10.03 Wib.

 

Acara selanjutnya amanat Inspektur Upacara yang menyampaikan bahwa gaung pekik kemerdekaan harus tetap melekat dihati semua bangsa Indonesia. Bahwa tema peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan tahun 2017 adalah “Indonesia Kerja Bersama”, yang menunjukkan pendekatan semangat kekeluargaan, kebersamaan, dan gotong royong dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera. “Tema ini memacu kita untuk terus bersama-sama meningkatkan semangat persatuan dan kebersamaan serta semangat gotong royong untuk bergerak maju meningkatkan akselerasi sesuai dengan tugas kita masing-masing sebagai komponen  bangsa,” ujarnya.

 

“Harus kita sadari bahwa pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan syuhada pembela tanah air, berisikan amanat luhur kepada generasi penerus, agar momentum kemerdekaan dapat dipelihara, dan diisi dengan aktivitas positif,” lanjut Bupati dipertengahan sambutannya. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa kita harus bersyukur telah dapat melampaui 72 tahun usia kemerdekaan, dan berkewajiban melanjutkan perjuangan generasi pendahulu, dan menanggung konsekwensi perjuangan yang sesuai dengan jamannya.

 

Diakhir sambutannya Inspektur Upacara mengajak untuk menghadapi berbagai hambatan, gangguan, dan tantangan dengan memperteguh semangat untuk tetus berjuang, serta bahu-membahu dan bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat, bangsa Indonesia. Selain itu juga mengajak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah menuju cita-cita menuju cita-cita mewujudkan masyarakat sejahtera yang didukung pemerintahan yang bersih dan berwibawa. “Pekerjaan rumah yang sangat relevan dengan amanat kemerdekaan adalah terselenggaranya kesinambungan roda pemerintahan dan pembangunan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya diakhir sambutan.

 

Seusai amanat inspektur, dilanjutkan dengam pembacaan do’a dan diteruskan dengan andika bayangkari, serta kemudian laporan komandan upacara bahwa upacara telah selesai,  dengan diakhiri penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara. Acara yang berjalan dengan lancar ini dipandu oleh pembawa acara Retno Wulandari dari protokol Kabupaten Cirebon.

 

Setelah Upacara Peringatan, juga ada pemberian penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada PNS Kabupaten Cirebon sesuai dengan lampiran Keputusan Presiden RI Nomor 35/TK/Tahun 2017 Tanggal 3 April 2017, yang dianugerahkan kepada Drs. H. Memet Surachmat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk pengabdian selama 30 tahun, Nurpati, S.Farm.Apt, MM., UPT Puskesmas Karangsari Dinas Kesehatan  Kabupaten Cirebon, serta Faisal Amir, S.STP., Kepala Sub Bagian Protokol Setda Kabupaten Cirebon. Berikutnya, digelar  sosiodrama  dengan meriah dibawakan oleh tidak kurang dari lima puluh para pelajar dari berbagai sekolah yang mengisahkan tentang detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Bupati dan rombongan kemudian melanjutkan acara pemberian remisi umum kepada warga binaan pemasyarakatan dalam peringatan HUT proklamasi kemerdekaan ke-72 RI di Lembaga Pembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Cirebon di Desa Gintung Tengah Kecamatan Ciwaringin. (Tim Humas_Setda)