Humas Setda   –  Halaman Kantor Desa Kalianyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon menjadi tempat Kegiatan Kawasan Mandiri Pangan Tahap Pengembangan Tahun 2017 (25/7/2017). Hadir dalam acara tersebut Bupati Cirebon DR. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs., MM,. M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Camat Panguragan, Camat Kaliwedi, Forkopimcam Panguragan, Kuwu se-Kecamatan Panguragan, Ketua Kelompok Lumbung Pangan Masyarakat Kecamatan Panguragan dan para undangan.

 

Diawali sambutan oleh Camat Panguragan yang  menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapak Bupati Cirebon, yang telah datang untuk menghadiri acara penyerahan secara simbolis bantuan pemerintah kegiatan kawasaan mandiri pangan tahun 2017 di Desa Kalianyar Kecamatan Panguragan

 

Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon sebagai penyelenggara kegiatan, menyampaikan tujuan dari kegiatan kawasan mandiri pangan tahap pengembangan dan kegiatan lumbung pangan masyarakat tahun 2017 adalah untuk mewujudkan ketahanan pangan melalui kemandirian pangan wilayah dan penguatan cadangan pangan masyarakat. “Kegiatan kawasan mandiri pangan tahap pengembangan di Kecamatan Panguragan dilaksanakan di lima desa yaitu Desa Panguragan, Desa Panguragan Kulon, Desa Panguragan Lor, Desa Kalianyar, dan Desa Karanganyar yang terdiri dari kelompok Afinitas, Pendamping (Penyuluh), Forum Komunikasi Kawasan dan Lembaga Keuangan Kawasan, sedangkan kegiatan Lumbung Pangan Masyarakat Tahun 2017 di laksanakan di Desa Kalianyar, Desa Karanganyar, dan Desa Panguragan Kulon. Adapun biaya untuk kegiatan kawasan mandiri pangan tahap pengembangan tahun 2017 ini bersumber dari dana Dekonsesntrasi APBN Tahin Anggaran 2017”, ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon diakhir sambutanya.

 

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Cirebon, yang menyampaiikan bahwa Visi Kabupaten Cirebon adalah mewujudkan masyarakat Kabupaten Cirebon yang agamis, maju, adil, sinergi, dan sejahtera dan salah satu misi Kabupaten Cirebon terkait ketahanan pangan dituangkan dalam misi ke lima yaitu mewujudkan standar hidup layak masyarakat melalui pemenuhan hak-hak dasar terutama kebutuhan pokok masyarakat dan penciptaan rasa aman, damai, dan tentram.

 

“Kawasan Mandiri Pangan di Kecamatan Panguragan ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam membangun ketahanan pangan melalui kemandirian pangan pada masyarakat yang rawan pangan. Kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 2015, yang dimulai dengan tahap persiapan, pada tahun 2016 masuk ketahap penumbuhan dengan mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 100.000.000 yang dimanfaatkan oleh kelompok afanitas ( Kelompok Kepala Keluarga Miskin), untuk budidaya padi, dan pada tahun 2017 mendapat alokasi Rp. 100.000.000.- yang akan dimanfaatkan untuk penggemukan domba”, ungkap bupati di tengah-tengah sambutannya.

 

Diakhir sambutannya,  Bupati Cirebon mengatakan: “Melalui dana yang telah dialokasikan, mudah-mudahan masyarakat Kecamatan Panguragan mampu memberdayakan sumber daya lokal, meningkatkan penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan kawasan mandiri pangan”.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati kepada perwakilan penerima bantuan dan dilanjutkan dengan foto bersama. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *