Selasa , 18 Desember 2018
Home / Berita / Tabur Bunga “Mengenang Jasa Para Pahlawan”

Tabur Bunga “Mengenang Jasa Para Pahlawan”

Humas Setda –  Usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan, para rombongan Plh Bupati Cirebon di dampingi para unsur Forkopimda, Para Kepala SKPD, para Kepala Bagian dan para Veteran Kabupaten Cirebon melakukan prosesi Tabur Bunga yang bertempat Taman Makam Pahlawan Cakrabuana di Kelurahan Gegunung Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Sabtu (10/11/2018).

Peringatan Hari Pahlawan tersebut merupakan salah satu agenda Nasional yang diperingati setiap tahun sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa dan perjuangan para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa raganya demi tetap utuhnya Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tema peringatan Hari Pahlawan 2018 yakni  “Semangat Pahlawan di Dadaku”.

Mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan,siapapun  dapat menjadi pahlawan setiap warga negara Indonesia.

Plh. Bupati Cirebon beserta istri dan para pejabat Forkopimda lainya hadir usai melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan yang di laksanakan di lapangan ranggajati sumber kemudian dilanjutkan dengan acara Pelaksanaan Upacara Tabur Bunga  di makam pahlawan kelurahan gegunung di ikuti seluruh undangan.

Dalam Upacara Tabur di makam pahlawan tersebut diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengenang pertempuran 10 November 1945 (diikuti suara gauk), mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara Letkol Arh. Adhi Kurniawan, SE.M.Han

(Dandim 0620) tepat di depan monumen pahlawan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan,di ikuti pembacaan doa dan dilanjutkan tabur bunga di 55 makam  oleh Plh.Bupati Cirebon dengan didampingi istri dan Dandim 0620 beserta istri,kapolres Cirebon beserta istri,Kepala dinas dan para Veteran diikuti para pejabat dan peserta upacara lainya.

“Kita sebagai generasi penerus tentunya selalu harus ingat, mendoakan, meneladani, mengikuti dan mengambil  semangat para Pahlawan yang telah mendahului kita dengan meneruskan perjuangannya,tujuan kita melakukan tabur bunga ini salah satunya Menginspirasi untuk mengingat jasa-jasa  para Pahlawan serta memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk memerdekakan bangsa indonesia.”ungkap Plh. Bupati Cirebon H. Rahmat Sutrisno. (Jay)