Jumat , 15 Desember 2017
Home / Berita / Sekda Buka Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah
WhatsApp Image 2017-09-19 at 14.13.45

Sekda Buka Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Humas Setda  –  Dalam rangka upaya pemerintah memenuhi tahap-tahap proses Good Governance dan mendukung peningkatan kinerja, transparansi, akuntabilitas pengelola keuangan negara,  Inspektorat Kabupaten Cirebon menyelenggarakan sosialisasi peningkatan level maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkup Pemerintah Kabupaten Cirebon di ruang Nyimas Gandasari Kantor Bupati Cirebon (Selasa, 19/9/2017).

 

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. Yayat Ruhyat, M.Si, mewakli Bupati Cirebon, seluruh Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Nara Sumber Agus Saragih (Korwas Bidang Akuntabilitas Pemda BPKP perwakilan Provinsi Jawa Barat).

 

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Cirebon menyampaikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) adalah sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dari definisi tersebut menunjukkan bahwa efektivitas sistem pengendalian intern berpengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi dan upaya terwujudnya Good Governance.

 

“Dengan sosialisasi peningkatan level maturitas SPIP ini menjadi momentum penguatan SPIP di lingkungan pemerintah kabupaten Cirebon terutama dalam rangka meningkatkan level maturitad atau tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP Pemerintah Kabupaten Cirebon,” ungkap Sekda di tengah sambutannya.

 

Berdasarkan hasil penilaian oleh tim BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Cirebon masih berada pada level 1 dari 5 tingkat maturitas SPIP dengan nilai 1,338. Sekda juga menyampaikan  “Dengan terus meningkatnya nilai maturitas bisa mempertahankan  opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten cirebon”. (AS)