Minggu , 13 Juni 2021
Home / Berita / Ribuan Lansia di Kabupaten Cirebon Sudah Dilakukan Vaksinasi

Ribuan Lansia di Kabupaten Cirebon Sudah Dilakukan Vaksinasi

Humas Setda Kab. Cirebon –  Ribuan warga Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Cirebon, sudah mendapatkan vaksinasi covid 19. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, S.E, M.Si, saat menghadiri Hari Lansia ke 25 di Rumah Sakit Waled Kabupaten Cirebon.

Ayu mengatakan, hingga saat ini, sudah tercatat sebanyak 5.256 Lansia, yang sudah mendapatkan vaksinasi covid 19 tahap pertama. Sedangkan untuk vaksinasi tahap kedua, sudah diikuti oleh sebanyak 2.178 Lansi.

“Target kita, bisa melakukan vaksinasi kepada sebanyak 158 ribu Lansia di Kabupaten Cirebon,” ujar Ayu, Rabu 2 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga mengatakan, bahwa perlu perhatian khusus kepada para lansia, terutama untuk melakukan pencegahan agar tidak terpapar covid 19.

Walaupun di Kabupaten Cirebon, jumlah kasus covid 19 lebih didominasi oleh usia produktif, namun Lansia cukup rentan untuk terpapar covid 19.

“Dalam peringatan hari lansia ini juga, dilakukan vaksinasi kepada mantan Dirut RS Waled, yang umurnya sudah 80 tahun. Alhamdulillah sehat,” ujar Ayu.

Ayu menambahkan, bahwa peringatan hari lansia ini juga, dilakukan untuk memberikan penghormatan dan dukungan kepada para lansia, terutama ikut berperan dalam memberikan perlindungan atas kerentanan sosial.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni menuturkan, perbedaan jumlah lansia yang divaksin pada tahap pertama dan tahap kedua, dikarenakan vaksinasi tahap kedua ini, masih terus berjalan.

Selain itu, distribusi vaksin untuk lansia dari pemerintah provinsi juga sedikit terkendala, sehingga mengakibatkan molornya waktu pelaksanaan.

Walaupun begitu, saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, terus berusaha untuk bisa melakukan vaksinasi, kepada 150 ribu lansia yang ditargetkan.

“Kita pinginnya, bulan Juni ini bisa selesai. Karena bulan Juli nanti, sudah untuk masyarakat umum,” ujarnya. (Tim Liputan)