Jumat , 19 Juli 2019
Home / Berita / Potensi Baru Pariwisata Cirebon: ⁠Batu Lawang Cupang Festival

Potensi Baru Pariwisata Cirebon: ⁠Batu Lawang Cupang Festival

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Humas Setda –  Salah satu potensi wisata di Kabupaten Cirebon, khususnya wisata alam berada di Desa Cupang Kecamatan Gempol. Untuk lebih dikenal dan dipromosikan, pada hari ini (Sabtu, 29/04/17) diselenggaraan Batu Lawang Cupang Festival yang dibuka langsung oleh Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs., MM., M.Si. Pada acara pembukaan juga hadir Ibu Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsing, SE., M.Si, unsur Forkopinda, Camat Gempol beserta jajarannya, Muspika, para kuwu se-Kecamatan Gempol, para panitia dan peserta festival khususnya eksibisi panjat tebing yang berjumlah kurang lebih seratus orang, serta puluhan masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan acara pembukaan festival tersebut.

Nyanyian sambutan mengawali jalannya acara, yang melantunkan ucapan selamat datang kepada Bupati Cirebon, juga ditujukan kepada Camat dan Kuwu Desa Cupang Kecamatan Gempol. Pada kesempatan tersebut, Camat Gempol mengawali sambutannya, melaporkan bahwa acara ini digelar dalam rangka memperkenalkan sekaligus mempromosikan Desa Cupang sebagai alternatif wisata di Kabupaten Cirebon serta juga ingin memberikan karya terbaiknya untuk Kabupaten Cirebon khususnya Bupati Cirebon sekaligus dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui seni budaya maupun kulinernya disini. “Dalam hal ini kami tentunya tidak dapat berbuat apa-apa tanpa dukungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, Muspida, Muspika dan seluruh pihak yang terlibat”, ujarnya. Dengan bangga, Camat Gempol juga menyampaikan bahwa fetival yang diisi dengan eksibisi panjat tebing yang diikuti seratus peserta dan merupakan kali pertama diselenggarakan di Jawa Barat.

Sementara Bupati Cirebon menyampaikan bahwa wisata Batu Lawang Desa Gempol ini merupakan alternatif wisata di Kabupaten Cirebon selain wisata seni, budaya maupun wisata kuliner seperti nasi jamblang, tahu gejrot, dan empal gentong. Dengan dibukanya tol Cipali juga akan memudahkan untuk dikunjungi, namun tentunya harus dipersiapkan terutama infrastruktur jalan akses menuju lokasi wisata. Selain itu program-program khusus juga harus disiapkan, sebagaimana diungkapkan, “Destinasi wisata yang menarik juga dibutuhkan terobosan-terobosan program kegiatan yang dapat mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Cirebon. Melalui kegiatan hari ini, kiita telah menyiapkan salah satu potensi wisata yang memiliki daya tarik khusus. Saya yakin pada waktu yang akan datang Desa Cupang akan menjadi salah satu tujuan wisata, apalagi bila ditingkatkan seperti petilasan Sunan Bonan serta penataan lingkungan dengan baik”.

Usai sambutan dan dinyatakan secara resmi dibuka, Bupati Cirebon langsung melakukan pelepasan burung yang berjumlah puluhan yang diharapkan agar kegiatan ini dapat menyatu dengan alam. Selepas itu, diteruskan secara simbolis penanaman seribu pohon. Bupati beserta rombongan kemudian berkeliling melihat lokasi kontes festival Batu Lawang yaitu panjat tebing. Disea-sela melihat kegiatan, beliau menyampaikan bahwa, “Wisatawan khususnya wisatan manca negara sangat menyukai alam yang masih original seperti ini”. Lokasi ini juga sangat bagus untuk kegiatan pramuka, “kedepannya ini bagaimana diekspos untuk kegiatan pramuka, tempat disini lebih paling bagus dibandingkan dengan Dukupuntang” tukasnya.

Sementara itu, para peserta eksibis panjat tebing tengah melakukan persiapan dengan masuk ke “wilayah karantina” untuk kemudian dimulai babak kualifikasi. “Acara sendiri akan berlangsung sampai besok (Minggu, 30/04/2017) dengan agenda babak final”, ujar Kodir, salah satu panitia sekaligus ketua Klub Dewa Alam Kabupaten Cirebon. (ES)[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]