Selasa , 21 Mei 2019
Home / Berita / Penutupan MTQ ke 45 Tingkat Kabupaten Cirebon

Penutupan MTQ ke 45 Tingkat Kabupaten Cirebon

Humas Setda  –  Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran ke 45 tingkat Kabupaten Cirebon di Desa Sampiran Kecamatan Talun telah selesai dilaksanakan dan di tutup langsung oleh Bupati Cirebon DR. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si. dan Kecamatan Plumbon menjadi juara umum MTQ ke 45 tingkat Kabupaten Cirebon dengan perolehan nilai 35. menggeser posisi Kecamatan Depok yang menjadi juara umum pada MTQ tahun lalu yang terlempar ke posisi 9 dengan nilai 16 ( Sabtu, 27/7/2018).

Sementara itu, berturut-turut di posisi kedua dan ketiga adalah Kecamatan Suranenggala dengan perolehan nilai 25, dan Ciwaringin dengan perolehan nilai 22 dan  Kecamatan Ciledug berada di posisi paling buncit dari 39 kecamatan lainnya.

Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan, penyelenggaraan MTQ ke 45 tahun ini berjalan dengan sangat baik. “Mulai dari penyelenggaraan hingga pemondokan sudah berjalan dengan baik, saya ucapkan terima kasih kepada para panitia yang telah bekerja keras untuk MTQ ini,” kata Sunjaya.

Menurutnya, ajang MTQ merupakan momen berharga untuk saling bersilaturahmi antar kafilah di seluruh kecamatan. “Saya yakin, tanpa kerja keras semuanya tidak akan berhasil. Baik kafilah maupun panitia serta seluruh yang terlibat dalam penyelenggaraan MTQ ini,” ujarnya.

Bupati berpesan kepada para juara yang telah diumumkan oleh dewan juri untuk tetap menjaga semangat dan terus meningkatkan kreativitas. “Kepada yang gagal jangan berkecil hati karena kegagalan merupakan kemenangan yang tertunda. Kafilah-kafilah yang tampil merupakan utusan-utusan terbaik. Namun yang paling penting adalah pemahaman terhadap Al Quran serta kandungan di dalamnya. Kafilah adalah aset untuk menciptakan Kabupaten Cirebon yang agamis yang dilandasi oleh kecintaan terhadap Quran,” katanya.

Sementara itu, dari 624 peserta dan 40 cabang yang dilombakan, terdapat 120 peserta terbaik yang berhasil menjadi juara satu hingga ketiga dari masing-masing cabang. Mereka diberikan piagam penghargaan serta hadiah uang pembinaan. (AS)