Jumat , 15 Desember 2017
Home / Berita / Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017
WhatsApp Image 2017-11-24 at 10.55.44

Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017

Humas Setda  –   Pemerintah Kabupaten  Cirebon menyelenggarakakan acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 44 tingkat Kabupaten Cirebon yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 22 sampai dengan 27 November 2017 diikuti oleh 40 Kecamatan dengan jumlah peserta 687 orang. dan untuk kali ini sebagai  tuan rumah adalah Kecamatan Depok.  Rangkaian kegiatan MTQ ke 44 ini ini diawalai dengan pawai Ta’aruf  yang dilaksanakan di Desa Warukawung sedangkan untuk panggung utama MTQ ditempatkan di lapangan sepakbola Desa Warukawung.

MTQ sendiri di buka langsung oleh Bupati Cirebon Dr. Sunjaya Purwadisastra, MM,. M.Si (22/11/2017). Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Kabupaten Cirebon, Wakil Bupati Cirebon, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Ketua Umum LPTQ Jawa Barat, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Cirebon, para pejabat pemerintah Kabupaten Cirebon, Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, Ketua MUI Kabupaten Cirebon, Camat se-Kabupaten Cirebon dan undangan lainnya.

Diawali dengan pelantikan dewan hakim oleh Bupati Cirebon untuk cabang-cabang yang akan dilombakan yakni Tilawah Al-Quran,  Qira’ah Sab’ah, Murattal, Tafsir Al-Qur’an, MHQ, MFQ, MSQ, MKQ, dan MMQ.

MTQ hanyalah merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir, ada tujuan lebih penting yang sebenarnya ingin kita capai dengan melaksanakan MTQ, yaitu peningkatan minat generasi muda dalam membaca Al-Qur’an dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya Al- Qur’an dalam upaya membangun mental spiritual masyatakat kata Bupati di awal sambutannya.

Dengan diadakanya MTQ tingkat Kabupaten Cirebon ini mudah-mudahan Kabupaten Cirebon bisa mencetak qori-qoriah, hafizh-hafizhah serta muffassir dan muffassirah terbaik di Kabupaten Cirebon untuk bisa ikut serta dalam MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada Bulan April 2018 di Kabupaten Sukabumi. ” Mudah-mudahan  bisa meraih prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat, maka hal tersebut dapat menjadi  kebanggaan bagi saya pribadi, tetapi juga kebanggaan  dan kemenangan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon” ungkap Bupati.

Menurut ketua umum LPTW Kabupaten Cirebo R. Benny Sugiarsa menyamaikan bahwa MTQ ini dapat terselenggara berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak demi mewujudkan tri sukses penyelenggara MTQ, yakni sukses tuan rumah, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi

Pembukaan sendiri di isi dengan pesta kembang api dan di meriahkan oleh grup Gambus Reza dari Arjawinangun yang membuat masyarakat enggan meninggalkan acara pembukaan MTQ ini sampai selesai. (AS)