Selasa , 21 November 2017
Home / Berita / Panen Raya Padi Lokal Varietas MSP di Desa Guwa Lor
WhatsApp Image 2017-08-21 at 15.25.24

Panen Raya Padi Lokal Varietas MSP di Desa Guwa Lor

Humas Setda  –  Kabupaten Cirebon mempunyai bibit padi unggulan tersendiri yang dinamai padi MSP (Mari Sejahterakan Petani).  Pada kali ini akan diadakan acara panen raya jenis padi MSP tersebut yang bertampat di Desa Guwa Lor Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. (Juma’at, 18/7/2017). Nampak hadir Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya  Purwadisastra, Drs., MM., M.Si, Bapak Mindo Sianipar (Ketua DPP PDIP Bidang Pertanian), Bapak Bambang Mujiarto ( Ketua DPP MSP), Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, unsur Forkopimda,  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Kepala DPMD, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Para Camat, Forkopimcam Kaliwedi, dan tamu undangan.

 

Bupati dan rombongan langsung menuju lokasi dimana akan diadakan panen raya. Setelah melakuan panen secara simbolis,  bupati menuju tempat acara yang tak jauh dari sawah tempat dilakukannya panen raya padi varietas MSP. Diawali dengan sambutan   oleh Mindo Sianipar yang juga Ketua DPP PDIP Perjuangan Bidang pertanian. “Cirebon merupakan percontohan dalam dalam hal pertanian untuk daerah-daerah lain di Indonesia khususnya di Jawa Barat, karena Cirebon mempunyai bibit padi varietas lokal yang diberi nama MSP, dan padi jenis ini sudah teruji kuat akan serangan hama dan juga bisa menghasilkan kualitas padi yang baik dan bagus,” ungkapnya.

 

Dilanjutkan dengan sambutan Bupati Cirebon, menyampaikan bahwa beras adalah makanan pokok penduduk Indonesia. “Kebutuhan beras setiap tahunnya akan meningkat seiring dengan proyeksi laju pertumbuhan penduduk. Pemenuhan sarana produksi sering terkendala, terbatasnya luas baku lahan sawah dan kualitasnya cenderung menurun akibat alih fungsi dan konservasi lahan serta faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu, untuk mengimbangi kebutuhan akan beras upaya peningkatan produksi padi setiap tahunnya harus terus dilakukan, sehingga diperlukan berbagai terobosan-terobosan peningkatan produksi yang lebih tepat,” ungkap Bupati diawal sambutannya.

 

“Kita perlu terus meningkatkan produksi padi melalui pengelolaan tanaman dan sumberdaya terpadu antara lain penggunaan varietas padi unggul bermutu, salah satunya padi lokal varitas MSP dapat dijadikan pilihan petani karena jenis  ini telah ditanam di beberapa kecamatan di Kabupaten Cirebon dan terbukti menghasilkan panen yang cukup memuaskan dan juga tahan terhadap serangan hama,” jelas Bupati ditengah-tengah sambutanya.

 

“Melalui acara panen padi ini, kami menghimbau dan mengajak para petani segera melakukan percepatan persemaian, pengolahan tanah dan tanam padi dengan mengoptimalkan sumber-sumber air yang ada, juga antara lain salah satunya penanaman padi lokal varietas MSP dapat dijadikan  pilihan petani karena jenis ini telah ditanam  dibeberapa kecamatan di Kabupaten Cirebon dan terbukti menghasilkan panen yang cukup memuaskan dan juga tahan terhadap serangan hama,” ajak bupati diakhir sambutanya. (AS)