Sabtu , 14 Desember 2019
Home / Berita / Panen Padi Varietas MSP: Bupati Cirebon Bangga Hasil Karya Putra Cirebon

Panen Padi Varietas MSP: Bupati Cirebon Bangga Hasil Karya Putra Cirebon

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Humsa Setda – Panen padi yang sedang berlangsung di Desa Leuwidingding Kecamatan Lemahabang kali ini dihadiri sekaligus secara simbolis dilakukan oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., MSi pagi ini di daerah persawahan blok patoman desa tersebut (Jum’at, 10/03/2017). Acara panen padi MSP ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Soffie Zulfiyah, SH., MH, Kepala Dinas Pertanian beserta jajarannya, beberapa kepala SKPD, penemu varietas padi MSP Surono Danu,  unsur Forkopimcam, para kuwu se-Kecamatan Lemahabang, para pimpinan tani se-Kabupaten Cirebon, Mitra Kerja Petani, kelompok tani Tunas Harapan Desa Leuwidingding, serta para petani setempat.

 

Bupati Cirebon sangat senang dan bangga bahwa selain panen padi ini lancar dan hasilnya sangat baik,  juga padi yang dipanen ini merupakan jenis varietas  yang merupakan hasil temuan putra  Cirebon. Bupati juga mengajak untuk terus meningkatkan padi/beras, meski disisi lain lahan pertanian terus berkurang untuk memenuhi kebutihan pembangunan di sektor lain. Oleh karena itu, semua pihak harus terus berupaya sekuat tenaga membimbing, mengawal, dan menstimulasi kebutuhan para petani terhadap sarana produksi pertanian  dan infrstruktur pendukungnya.

 

“Kita tidak perlu berkecil hati dengan hal tersebut, mari kita bersama-sama dan berupaya terus dengan meningkatkan produksi melalui pengelolaan tanaman dan sumberdaya terpadu antara lain penggunaan varietas padi unggul bermutu, salah satunya seperti padi MSP”, lanjut Bupati Sunjaya.

 

Selain meningkatkan produksi padi, diakhir sambutannya, Bupati juga berharap pendapatan petani meningkat, dan salah satu upayanya adalah dengan penguatan kelembagaan kelompok tani, berusaha bersama,  mengolah dan menyimpan gabah pada saat panen, dan diharapkan dapat menekan penurunan harga.

 

Sementara itu, penemu varietas padi MSP, Surono Danu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu kendala yang ada di Kabupaten Cirebon ini dalah infrastruktur pertanian serta sumberdaya manusia. Surono juga meminta agar dinas terkait dapat mengatasi khususnya hama dan penyakit. Di sekitar lokasi juga nampak para petani yang sedang memanen padi jenis MSP. Secara keseluruhan lahan padi di Kecamatan Lemahabang ini ada 57 ha. Adapun varietas MSP ini ada 3 jenis atau turunan yakni MSP 13, MSP merah atau 17 , dan MSP hitam.

 

Selesai pembukaan acara panen padi, Bupati dan rombongan menuju lokasi panen dan melakukan panen padi secara simbolis. Bupati juga menyempatkan foto bareng para petani dan memotong serta mencicipi nasi tumpeng  dari padi jenis MSP ini, sebelum melanjutkan tugas lainnya. (Jae)[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]