Minggu , 24 Maret 2019
Home / Berita / Kujungi Desa Sitiwinangun Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi Langsung Tinjau Pengrajin Gerabah.

Kujungi Desa Sitiwinangun Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi Langsung Tinjau Pengrajin Gerabah.

Kujungi Desa Sitiwinangun  Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi Langsung Tinjau Pengrajin Gerabah.

 

 

Humas Setda  –  Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Ir.Dicky Saromi,M.Sc mengunjungi Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. Dalam kunjungannya tersebut Dicky Saromi didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon,  Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon dan Muspika Kecamatan Jamblang.  Selasa, (15/01/2019)

Dicky Saromi mengatakan, ini adalah kunjungan saya ya,  yang melihat ada beberapa desa di Kabupaten Cirebon yang sudah mempunyai produk-produk yang khusus atau unik. Sebagaimana di Jawa Barat kita sedang menggelorakan produk one plus one produk ini sudah dimiliki khususnya di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon.

“dari beberapa yang saya lihat maka memang pengembangan ini, arahnya adalah dalam kontek pengembangan pariwisata. Karena melalui pariwisata itu akan didukung oleh sektor-sektor lainya,”kata Dicky Saromi.

“saya pikir banyak keuntungan yang sudah dimiliki oleh Kecamatan Jamblang dan desa ini. Karena tidak hanya mempunyai keunikan tapi brending namanyakan sudah ada, seperti nasi Jamblang dan sebagainya. Saya pikir ini, ikut memperkaya dari sisi atraksi jadi satu hal atraksi sudah dimiliki oleh kampung ini atau Kecamatan Jamblang ini,” ujarnya.

Tapi ada dua hal lain yang kelihatan menjadi tugas kami, setelah kami melakukan peninjauan yang pertama dari sisi aksesbilitas. Aksesbilitas ini, kita akan melihat pencapaian ke daerah ini bagaimana juga untuk pengaturan pola lalulintas parkir dan sebagainya.

Nah, yang kedua dari sisi amenitas di sisi kenyamanan inilah yang coba kami lihat sejauh mana wisatawan terasa nyaman, baik dari sisi mungkin tempat- tempat tertentu yang dijadikan sebagai rest areanya atau juga untuk tempat kulinernya, juga untuk rest roomnya istirahatnya,  ke kamar kecil dan sebagainya.

“jadi ketiga hal inilah yang coba kami  kembangkan untuk ke desa ini sebagaimana desa- desanya lainya. Bilamana kita akan lakukan maka saya sudah bicara dengan Disbuparpora Kabupaten  Cirebon. Bahwa, kita coba akan menyusun, rute-rute wisata yang akan dikunjungi wisatawan itu. Bilamana masuk dalam rute itu wajib kunjunganya,” ujar Pj Bupati Cirebon.

Untuk beberapa daerah yang kita akan kembangkan sebagai tempat tujuan wisata. Jadi saya pikir Jamblang dengan Sitiwinangun itu tidak kalah dengan yang lain.

Sementara itu,  Pj Bupati Cirebon  bersama Muspika tinjau showroom gerabah,dan berkeliling sambangi rumah pengrajin gerabah di desa setempat serta menyempatkan untuk ziarah ke Makam Kramat Kebagusan yang merupahkan nenek moyang masyarakat Desa Sitiwinangun. (Jay)