Selasa , 18 Desember 2018
Home / Berita / Keraton Kasepuhan Cirebon Gelar Ritual Siraman Panjang Jimat 2018

Keraton Kasepuhan Cirebon Gelar Ritual Siraman Panjang Jimat 2018

Humas Setda –  Pj. Bupati Cirebon Dicky Saromi hadiri acara ritual panjang jimat di Keraton Kasepuhan Cirebon, rabu malam (21/11/2018).

Kehadiran Pj. Bupati Cirebon Dicky Saromi bersama para pejabat lainnya disambut hangat oleh Sultan Sepuh Pangeran Arif Natadiningrat beserta pihak keluarga besar Keraton Kasepuhan Cirebon.

Tradisi siraman panjang jimat ini dilaksanakan setiap tahun dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Bangsal Pungkuran Keputren Keraton Kasepuhan Cirebon.

Panjang jimat adalah suatu tradisi budaya yang paling bergengsi di Cirebon khususnya dan mampu menarik para wisatawan baik lokal maupun internasional.

Pelaksanaan tradisi ritual panjang ini merupakan budaya daerah yang masih tetap dipertahankan dan dilestarikan oleh pihak keraton ataupun pihak pemerintah daerahnya.

Karena dengan kita menjaga warisan budaya nenek moyang ini dapat memperkuat karakter masyarakat dan bangsanya untuk menjadi bangsa yang besar,cerdas dan maju adalah salah satunya bangsa yang mampu menghargai nilai – nilai tradisi dan budayanya. (NJT).