Jumat , 19 Juli 2019
Home / Berita / Kampung Seni Gegesik Merupakan Destinasi Wisata Baru Di Kab. Cirebon

Kampung Seni Gegesik Merupakan Destinasi Wisata Baru Di Kab. Cirebon

Kampung Seni  Gegesik Merupakan  Destinasi Wisata Baru Di Kab. Cirebon

 

Humas Setda – Dengan adanya kampung seni di Desa Gegesik Kidul Kec. Gegesik Kab. Cirebon, merupakan salah satu harapan destinasi wisata baru yang nantinya Kabupaten Cirebon akan dikenal bukan saja di wilayah sendiri namun kedepan tentu akan dikenal oleh daerah lain, ungkap Pj. Bupati Cirebon, Dr. Ir. H. Dicky Saromi,M.Sc. pada pagelaran “Tari Rampak Topeng Kelana” yang digelar di Alun – Alun Gegesik Kidul, Minggu ( 24/2/2019).

2 tahun yang lalu Desa Gegesik ini sudah dinobatkan sebagai kampung seni, banyak sanggar – sanggar seni yang berdiri sejak lama dan mayoritas masyarakatnya mendukung dalam mengembangkan seni budayanya.

Hal ini diwujudkan dengan adanya agenda pagelaran tari kolosal rampak topeng kelana gegesik yang ditampilkan bersama sekitar 300 orang lebih, terdiri dari anak -anak pelajar siswi dari mulai PAUD, SD SMP hingga SMA.

Pagelaran yang cukup bergengsi ini dihadiri para pejabat Pemkab Cirebon, para OPD,  para Camat dan Kuwu se – Kecamatan Gegesik dan didukung sepenuhnya oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DISBUDPARPORA) Kab. Cirebon, beserta seluruh seniman seniwati Gegesik.

“Setelah kita saksikan bersama pagelaran tari rampak topeng kelana tadi, semakin menambah rasa semangat kami untuk terus memotivasi agar dapat dikembangkan kembali, para pewaris seni budaya ini. Oleh karena, harapan kami atas nama pemerintah Kabupaten Cirebon Semoga melalui seni kabupaten Cirebon akan bersatu, melalui seni pula Kabupaten Cirebon akan maju, kata Pj. Bupati. (Nj)