Rabu , 20 September 2017
Home / Berita / Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017 Dicanangkan
rubela dkp2

Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017 Dicanangkan

Humas Setda  –  SMPN 1 Dukupuntang  Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon menjadi tempat Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017 (12/8/2017). Nampak hadir dalam acara tersebut Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya Purwadisastra,. Drs,. MM,. M.Si, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Camat Dukupuntang, Forkopimcam Dukupuntang, para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Cirebon, para Kuwu se-Kecamatan Dukupuntang serta para undangan.

 

Diawali sambutan ucapan selamat datang kepada Bupati Cirebon yang telah hadir dalam acara ini yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan yang juga sebagai ketua penyelenggara,  dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pemerintah Kabupaten Cirebon dalam  rangka pencanangan Kampanye Imunisasi  MR.

 

Dilanjutkan dengan sambutan Bupati Cirebon yang menyampaikan bahwa imunisasi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam upaya menurunkan angka kematian bayi dan balita. Program imunisasi merupakan salah satu komponen global yang telah dimasukkan ke dalam komitmen nasional. Salah satu komitmen global dalam program imunisasi tersebut adalah tercapainya eliminasi campak dan pengendalian rubella termasuk sindrom rubella kongenital, dimana pada tahun 2020 target ini diharapkan tercapai dengan cara meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat melalui kampanye imunisasi campak rubella.

 

Campak  merupakan penyakit yang sangat mudah menular. Penyakit ini sangat berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian apabila disertai dengan komplikasi infeksi paru-paru, diare, dan radang selaput otak. Sedangkan penyakit rubella sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan, wanita hamil pada trimester pertama. Infeksi  rubella yang terjadi sebelum kehamilan dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran, kematian janin, atau sindrom rubella pada bayi berupa kelainan jantung, kelainan pada mata, dan kelainan pendengaran ungkap bupati ditengah sambutannya.

 

“Kampanye imunisasi Measles-Rubella adalah suatu kegiatan secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya dan sifatnya wajib ” himbau bupati.

 

“Sasaran kampanye measles-rubella ini akan dilayani di seluruh Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, dan pos-pos pelayanan lainnya di wilayah Kabupaten Cirebon. Target yang harus dicapai dalam kampanye MR tahun 2017 ini  dari  sekitar 600.000 sasaran dan di tahun 2017 minimal harus bisa  mencapai 95% , dan imunisasi MR ini sudah dimulai sejak 1 Agustus 2017” kata bupati diakhir sambutannya. Kemudian acara diakhiri dengan pelepasan balon pertanda Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles-Rubella tingkat Kabupaten Cirebon telah dibuka. (AS)