Jumat , 15 Desember 2017
Home / Berita / Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 Diperingati: Bupati Cirebon Tekankan Perkokoh NKRI
DSC_0593

Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 Diperingati: Bupati Cirebon Tekankan Perkokoh NKRI

Humas Setda  – Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober pada Hari Minggu kemarin diperingati  hari Senin ini (2/11/17) melalui upacara di seluruh tanah air. Pemerintah Kabupaten Cirebon melaksanakan upacara peringatan tersebut bertempat di halaman depan kantor Bupati Cirebon. Selain dihadiri oleh para pejabat dan segenap pegawai di lingkungan Setda,  juga hadir para kepala dinas, unsur Forkopimda, dan pegawai dari perwakilan SKPD.

 

Pada kesempatan rersebut, Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs., M.M., M.Si., bertindak selaku inspektur upacara. Dalam pembacaan Ikrar tersebut, Bupati Cirebon menyampaikan bahwa, sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sesuai dengan tema tahun ini ” Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Yang Adil dan Makmur”.

 

Upacara yang dimulai pukul 07.30 Wib tersebut berjalan dengan tertib dan khidmat. Selain ikrar tersebut, pelaksanaan upacara juga dilalui dengan pembacaan Pancasila dan UUD 1945. Seusai upacara, Bupati menyempatkan berfoto bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon. (AS)