Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Berita / Hadiri Haul Mbah Kuwu Cirebon, Bupati Cirebon Harap Mampu Mengembalikan Kejayaan Budaya Cirebon
WhatsApp Image 2017-09-21 at 17.16.36

Hadiri Haul Mbah Kuwu Cirebon, Bupati Cirebon Harap Mampu Mengembalikan Kejayaan Budaya Cirebon

Humas Setda  –  Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) kembali menggelar acara Haul Mbah Kuwu Cirebon tahun 2017 yang dilaksanakan bertepatan dengan tahun baru hijriyah 1 Muharam 1439 H bertempat di Situs Mbah Kuwu Cirebon Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon (21/9/2017). Acara yang diawalai dengan do’a bersama di Makam Sunan Gunung Jati Cirebon dan pemberian santunan kepada 250 anak yatim yang berada di Kecamatan Gunung Jati, kemudian dilanjutkan dengan konvoi menuju lokasi acara peringatan Haul Mbah Kuwu Cirebon yang terletak di Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, sesampainya di lokasi kemudian melakukan do’a bersama di makam Mbah Kuwu Cirebon.

 

Nampak hadir dalam acara haul Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs., M.M.,  M.Si, Kepala DPMD Kabupaten Cirebon, Moch. Carkim ( Ketua FKKC Kabupaten Cirebon), Sukaryadi, SE (anggota DPRD Kabupaten Cirebon) yang juga Mantan Ketua FKKC, Camat Talun,  Forkopimcam Talun, dan seluruh Kuwu se-Kabupaten Cirebon.

 

Dalam sambutanya Ketua FKKC Kabupaten Cirebon menyampaikan acara Haul Mbah Kuwu Cirebon ini tidak lain untuk mengenang jasa-jasa leluhur/sesepuh kita. “sebelum ada kuwu sekarang, dulu ada Mbah Kuwu Cirebon, jadi perjuangan dan jasa-jasanya perlu kita tauladani dan ikuti karena Mbah Kuwu Cirebon dikenal dengan pemimpin yang arif dan bijaksana”, kata Moch. Carkim.

 

Bupati juga menyampaikan sangat gembira dengan terselengaranya  kegiatan ini, karena merupakan momentum yang tepat dalam mempertahankan tradisi serta semangat cinta budaya Cirebon. “kita sebagai warga cirebon harus menghormati Mbah Kuwu Cirebon, karena Mbah Kuwu Cirebon merupakan tokoh cikal bakal berdirinya Pemerintah Cirebon, beliau sebagai tokoh agama, masyarakat dan panutan madyarakat, maka dari itu agar para kuwu-kuwu di Kabupaten Cirebon setidak-tidaknya bisa mengikuti jejak Mbah Kuwu Cirebon karena beliau sebagai tokoh yang arif dan bijaksana,” ujarnya Bupati.

 

Bupati juga berharap, “kegiatan ini akan mampu mengembalikan kejayaan budaya Cirebon dan semangat kita untuk lebih mencintai dan menjaga bumi, lingkungan dan alam sekitar kita yang banyak memberi manfaat bagi kelangsungan hidup dan kehidupan kita agar tetap terjaga sehingga dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak”.

 

Kemudian kegiatan haul dilanjutkan dengan pemberian santunan kembali  kepada anak yatim yang ada di sekitar lokasi Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Nampak kegembiraan tersirat diraut wajah mereka dengan santunan tersebut. (AS)