Minggu , 27 September 2020
Home / Berita / Gelar Simulasi, KPU Jabar Beharap Punya Bahan Evaluasi Jelang Pencoblosan Pilkada

Gelar Simulasi, KPU Jabar Beharap Punya Bahan Evaluasi Jelang Pencoblosan Pilkada

Humas Setda  –  Tidak seperti biasanya lapangan Gigir Lintang Desa Gebang Mekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon ramai di kunjungi masyarakat, dan ternyata di lapangan tersebut sedang di adakan simulasi dan pemungutan suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati  pada pilkada serentak 27 juni 2018 mendatang.

Masyarakat Desa Gebang mekar antusias mengikuti simulasi dan pemungutan suara di TPS Simulasi Gigir Lintang yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Jawa Barat dan dibantu oleh  KPU Kabupaten Cirebon, Minggu (13/5/2018).

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Selly Andriani Gantina, Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Endun Abdul Haq Ijut, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon, Camat Gebang, Forkopimcam Gebang.

Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilu, KPU Jawa Barat menerapkan simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara di lima daerah, lima daerah itu yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kota Bekasi, Kabupaten Bandung, dan Kota Sukabumi ungkap Ketua KPU Provinsi Jawa Barat.

Simulasi di lima segmen berbeda diharapkan agar KPU Jabar mempunyai catatan evaluasi menjelang pencoblosan. “Nanti diharapkan KPU Jabar punya catatan evaluasi apa saja yang perlu diperbaiki menjelang pencoblosan,” ujar Komisioner Divisi Teknis KPU Jabar Endun Abdul Haq saat ditemui di Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Plt Bupati juga menyampaikan dengan diadakan simulasi ini masih banyak pekerjaan rumah yang harus di selesaikan oleh pemerintah daerah, dirinya juga mengatakan pemilihan kepala daerah serentak ini bukan hanya milik pemerintah melainkan semua masyarakat.

“Pemilihan yang akan dilaksanakan nanti merupakan hak masyarakat tanpa adanya paksaan dari siapapun, oleh karena itu  masyarakat perlu mengetahui dan tentunya memberikan hak suarannya” tegas selly. (AS)