Humas Setda – Bupati Cirebon Drs H Sunjaya Purwadisastra MM MSi menghadiri acara pengukuhan pengurus MUI Kabupaten Cirebon masa bhakti 2016-2021 di Masjid Agung Sumber, Kamis (26/1/2017).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan dalam rangka menyatukan langkah dan membangun persepsi yang sama terhadap hal-hal yang dibutuhkan umat dewasa ini khususnya di Kabupaten Cirebon tanah air pada umumnya, supaya sejalan dengan tugas dan fungsi Majelis Ulama Indonesia.

“Kita semua prihatin dengan tingkah laku dan budaya masyarakat Indonesia yang saat ini cenderung berubah ke arah yang tidak terpikirkan sebelumnya, seperti menjamurnya perilaku Permisif (serba boleh), perilaku Adiktif (serba kecanduan), kemudian perilaku Brutalistik (serba kekerasan), Transgresif (serba melanggar aturan), Hedonistik (mau serba enak dan berfoya-foya) serta Materialistik (serba benda atau uang).”

Ditengah kondisi demikian para ulama tidak boleh tinggal diam apalagi bersikap apatis terhadap kondisi dan fenomena yang berlangsung di masyarakat. Ulama memiliki tanggung jawab moral yang tidak hanya mencakup masalah ibadah,  tapi juga masalah keselamatan di dunia yang menyangkut muamalah (hubungan sosial yang lebih luas).

Bupati Cirebon juga meminta kepada Kepala Bagian Kesra Setda untuk menambah anggaran di tahun 2017 ini, agar MUI di tingkat kecamatan meningkat kesejahteraan.

Sementara menurut Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kabupaten Cirebon, gerak MUI itu tergantung pada kucuran dana artinya mampukah MUI bergerak tanpa kucuran dana dari pemerintah daerah, itu ternyata di tahun 2016 tidak jalan sementara programnya atau kerjaannya banyak.  Tahun 2016 MUI menangani aliran yang dianggap sesat itu ada 5 aliran diantaranya aliran Thorikot di Suranenggala dan Kapetakan, aliran Thorikot di Gunungjati, ada aliran perbatasan antara Kota-Kabupaten, dan aliran yang mengaku Nabi di perbatasan Cirebon-Kuningan. Ada 5 aliran yang ditangani pada tahun 2016. Sementara biaya ditanggung oleh pengurus MUI apakah itu dari pinjaman dari Baznas atau pinjaman lainnya, ungkapnya. (Jay /Sw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *