Jumat , 15 Desember 2017
Home / Berita / Bupati Berkomitmen Memperluas Lapangan Kerja di Kab. Cirebon Melalui Job Fair Ke-2 Tahun 2017
WhatsApp Image 2017-11-21 at 15.59.47

Bupati Berkomitmen Memperluas Lapangan Kerja di Kab. Cirebon Melalui Job Fair Ke-2 Tahun 2017

Humas Setda  –   Dalam rangka menekan angka pengangguran di Kabupaten Cirebon, Pemerintah Daerah melalui (Disnakertrans) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, membuka pameran bursa lapangan kerja ke-2 (Job Fair)  2017, yang di selenggarakan di UPT Balai Latihan Kerja (BLK), Jl. Pangeran Antasari KM 2  Desa Lurah Kec. Plumbon Kab. Cirebon, Selasa 21/11/2017.

Acara ini dibuka pada pukul, 08.00 waktu setempat oleh Bupati Cirebon, Dr. H. Sunjaya Purwadisastra MM. M. SI dengan di hadiri Kepala Disnakertrans Drs. H. Abdullah Subandi, M.Si, Camat Plumbon Sucipto, unsur Forkompimcam, Para UPT, Para Kuwu, masyarakat pencari kerja serta undangan lainnya.

Program ini dilaksanakan dalam rangka menekan angka pengangguran di Kab. Cirebon dan menjembatani atau memfasilitasi para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja sehingga mempercepat pertemuan untuk menigkatkan penempatan tenaga kerja serta memberikan kesempatan informasi kerja seluas luasnya kepada para pencari kerja.

Sesuai data yang tercatat oleh BPS, bahwa jumlah masyarakat Kab. Cirebon sudah mencapai 2.263,978 jiwa, sedangkan jumlah angkatan kerja 1.47,376 jiwa dari jumlah tersebut yang sudah bekerja 951.855 orang dan masih terdapat jumlah pengganggur terbuka sebanyak 95.521 orang yang tersebar di 40 Kecamatan se-kab. Cirebon.

Hal ini di akibatkan oleh beberapa faktor di antara pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, tidak seimbangnya penyedia lapangan kerja dengan pencari kerja, adanya keterbatasan informasi kesempatan kerja yang disampaikan oleh penyedia kerja. Maka dengan adanya pameran bursa lowongan kerja, merupakan salah satu langkah upaya dan program unggulan Kab. Cirebon dalam mengatasi dan menekan angka pengangguran.

Namun upaya Pemerintah Kab. Cirebon dalam rangka mengatasi pengangguran tidak mungkin tercapai tujuan, bilamana tidak ada dukungan dari masyarakat, pihak swasta serta pihak-pihak terkait.

Oleh karena itu Bupati Cirebon, dalam sambutannya menyampaikan kepada masyarakat yang sudah bekerja diharapkan tetap menjaga kinerja dan loyalitas terhadap perusahaan tempat dimana anda bekerja, dan bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan agar bisa memanfatkan kesempatan pameran bursa lowongan kerja yang diadakan oleh Disnakertrans Kab. Cirebon ini dengan sebaik baiknya.

Tentunya dengan mempersiapkan diri untuk meningkatkan kompetensi serta ketrampilan, anda dapat memilih pekerjaan mana yang menjadi minat dengan disesuaikan  ketrampilan atau kompetensi yang anda miliki.

Khususnya bagi para pihak swasta yang menjalankan aktivitas usahanya, disarankan untuk memperhatikan segala aturan perundang undangan yang berlaku, agar dapat mempermudah dan menciptakan kondusifitas dalam aktivitas dunia kerja di Kab. Cirebon.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini, lebih lagi kepada seluruh perusahaan yang turut serta membangun Kab. Cirebon, dengan berbagai upaya memberikan informasi seluas-luasnya bagi para pencari kerja.

Sekali lagi saya menghimbau agar para perusahaan yang telah melakukan perekrutan tenaga kerja untuk lebih memprioritaskan dan memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat kab. Cirebon. “Tandas Bupati, diakhir sambutanya. (NJT)