Sabtu , 4 Juli 2020
Home / Berita / Buka Workshop Lumbung Pangan Masyarakat Tahun 2017: Bupati Minta Wujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Cirebon

Buka Workshop Lumbung Pangan Masyarakat Tahun 2017: Bupati Minta Wujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Cirebon

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Humas Setda   –   Lobi Hotel Verse Jalan Tuparev dijadikan tempat penyelenggaraan Workshop Lumbung Pangan tahun 2017 (Jum’at, 26/05/17).  Workshop yang diselenggarakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Cirebon dibuka Bupati Cirebon, DR. H. Sunjaya Purwadisastra,. Drs,. MM,. M.Si. pagi ini sekitar Pukul 09.00 Wib. Nampak hadir juga Kepala OPD Se-Kabupaten Cirebon,  Camat Se-kabupaten Cirebon, Kepala BPP Se-Kabupaten Cirebon, Ketua Kelompok Lumbung Pangan Masyarakat, Penyuluh Pertanian dan sekitar 500 peserta  Workshop.

 

Diawal sambutanya Bupati menyampaikan bahwa dalam mewujudkan ketahanan pangan ada tiga aspek penting yang harus diketahui,  pertama aspek  ketersediaan pangan, kedua  aspek pendistribusian pangan dan yang ketiga adalah aspek konsumsi pangan. “Untuk menjamin ketersediaan pangan yang paling utama adalah meningkatkan dan mengamankan produksi pangan, pembangunan insfrastuktur pangan dan pengutan kelembagaan pangan”, tegasnya.

 

Selain itu, ditengah sambutannya Bupati mengungkapkan, “Lumbung pangan masyarakat merupakan salah satu upaya penguatan cadangan pangan di tingkat masyarakat, pada musim tertentu seperti musim paceklik, kondisi ketersediaan pangan di tingkat masyarakat dan individu khususnya masyarakat petani  dan masyarakat kurang mampu dapat tera ncam. Kondisi tersebut  tidak boleh  dibiarkan karena dapat  meyebabkan kerawanan pangan dan pada akhirnya dapat mengganggu ketahanan pangan”.

 

Bupati juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan Workshop kali ini  mempunyai arti penting  sebagai upaya penguatan kelembagaan pangan secara berkelanjutan sehingga diharapkan kelembagaan pangan di pedesaan khususnya kelompok lumbung pangan masyarakat dapat terus berkembang dan berfungsi dalam upaya mengatasi rawan pangan di daerah Kabupaten Cirebon. Dengan Workshop lumbung pangan juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kelompok lumbung pangan masyarakat dalam mengelola dana dan sumber daya yang ada,  dan kepada ketua kelompok diminta agar memanfaatkan pertemuan ini untuk menggali pengetahuan tentang strategi pengelolaan lumbung pangan.

 

Diakhir sambutannya Bupati menghimbau agar desa-desa yang belum memiliki lumbung pangan masyarakat supaya dapat membangun lumbung pangan di wilayahnya, dan diharapkan agar setiap Rt/Rw dapat terbentuk lumbung pangan, sehingga ketahanan pangan wilayah dapat terwujud dan lebih khusus dapat mengatasi rawan pangan di Kabupaten Cirebon.(AS/SW)[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]