Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Berita / Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa Kodim 0620 Kabupaten Cirebon
WhatsApp Image 2017-09-20 at 11.27.23

Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa Kodim 0620 Kabupaten Cirebon

Humas Setda  – Setelah melakukan kegiatanTNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) perimbangan di Desa Cilengkrang Kecamatan Pasaleman, kini Kodim 0620 beserta Pemerintah Kabupaten Cirebon kembali menggelar kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kabupaten Cirebon Tahun 2017 di Desa Pekantingan Kecamatan Klangenan, yang diawali dengan upacara pembukaan di lapangan sepak bola desa tersebut (20/9/2017).

 

Program BSMSS merupakan salah satu program dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan program yang ditujukan  untuk mengisi celah-celah wilayah pedesaan yang belum terjangkau program lain  dengan dua metode yaitu pembangunan fisik dan non fisik. Untuk porogram fisik  yang dilaksanakan di Desa Pekantingan meliputi pembuatan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), pembuatan Poskamling di blok I sampai dengan VI dan pengaspalan jalan. Sedangkan non fisiknya antara lain Penyuluh Pendidikan Bela Negara (PPBN), penyuluhan kenakalan remaja dan bahaya narkoba, penyuluhan pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat, serta penyuluhan usaha ekonomi kecil.

 

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs., M.M., M.Si.,  menyampaikan bahwa program BSMSS merupakan bukti wujud  kepedulian, rasa kebersamaan dan komitmen pemerintah daerah, TNI, serta masyarakat dalam upaya mensejahterakan masyarakat desa sesuai dengan tema program BSMSS yaitu “Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat, kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI”.

 

“Program BSMSS ini pada hakekatnya merupakan salah satu metode untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam membangun wilayahnya, sehingga mampu mendorong  gerak maju  akselerasi pembangunan di daerah pedesaan, sebagai salah satu pengentasan kemiskinan, membuka keterisolasian wilayah sekaligus wahana dalam memelihara ikatan bathin kemanunggalan antara TNI dengan rakyat sehingga pada gilirannya tercipta persatuan dan kesatuan yang kokoh untuk mencapai Kabupaten Cirebon sejahtera”, ungkap Bupati dalam amanat berikutnya.

 

Upacara sendiri berjalan dengan khidmat dan diikuti oleh unsur TNI Polri, OKP , dan para siswa sekolah, serta dihadiri oleh  Danrem 063/Sunan GunungJati, Forkopimda Kabupaten Cirebon, Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon, Kepala Badan, Dinas Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, Camat se-Kabupaten Cirebon, Forkopimcam Klangenan, Kuwu se-Kecamatan Klangenan, tokoh masyarakat setempat serta para undangan. (AS)